Beranda Budaya

Gong! Lokakarya Angklung Buhun FSM 2021 Dibuka Kadisbudpar

Gong! Lokakarya Angklung Buhun FSM 2021 Dibuka Kadisbudpar

LEBAK, Pelitabanten.com bertema “Buhunna Sora” merupakan rangkaian acara Festival Seni Multatuli 2021 resmi dibuka Kepala Dinas Kebudayaan dan Kabupaten Lebak pada Jumat, (3/9/2021).

Kegiatan yang berlansung di Aula Seni Lemabaga Penjamin Mutu (LPMP) Banten selama tiga hari berturut-turut, 3-5 September 2021 diikuti sebanyak 25 peserta dari pelbagai sanggar seni tradisi di Kabupaten Lebak.

Dalam sambutannya Imam Rismahayadin menyampaikan apresiasinya terkait kegiatan yang telah mengingatkan kembali idiom-idiom lokal Lebak yang harus dilestarikan, semisal kata Buhun Sora yang menjadi tema kegiatan.

“Saya merinding mendengar tema festival tahun ini, Tunggul Buhun. Mengingatkan saya pada istilah yang sudah lama tidak terdengar di yakni Buhunna Sora, dan menunjukkan bahwa kebudayaan Lebak termasuk kebudayaan tua,” papar Kadisbudpar.

Sebagaimana visi misi Bupati yang menjadikan Lebak sebagai destinasi unggulan berbasis potensi lokal, diharapkan kegiatan lokakarya ini dapat memperkuat tujuan visi misi tersebut di bidang .

Baca Juga:  Souvenir Cantik Khas Lebak di Galeri Opyank Art: Upaya Membangun Ekonomi Kreatif Pemuda Ciuyah

“Kami berharap kegiatan yang sangat baik ini dapat menguatkan visi misi Bupati Lebak di bidang seni budaya yang menjadikan angklung buhun sebagai ciri khas Kabupaten Lebak sebagai branding pariwisata,” lanjutnya.

Memungkasi sambutannya, Kadisbudpar mendukung kegiatan yang melibatkan peserta yang seluruhnya dari kalangan milenial dengan harapan dapat mendukung pariwisata di Lebak.
“Selamat mengikuti lokakarya, semoga menjadi penerus yang melestarikan warisan seni budaya Lebak,” pungkasnya.

Lokakarya yang berlangsung selama tiga hari dipandu oleh Ismet Ruchimat selaku dosen ISBI dan pemimpin kelompok musik Samba Sunda dan Parwa Rahayu, praktisi seni tradisi.
Setelah tiga hari lokakarya akan dilanjutkan dengan latihan selama tujuh hari di tempat yang sama.

Tujuannya selain mempraktikkan materi yang sudah disampaikan narasumbet, juga akhir dari tersebut akan ditampilkan dalam pembukaan FSM 2021 yang akan dilaksanakan pada 4 Oktober 2021 mendatang.

Baca Juga:  Curug Cipicung, Surga Tersembunyi di Pelosok Sobang