Beranda News

Orang Tua Jangan Panik ada Surat Persetujuan Vaksinasi Anak di Pandeglang, Begini Penjelasan Dinkes

Orang Tua Jangan Panik ada Surat Persetujuan Vaksinasi Anak di Pandeglang, Begini Penjelasan Dinkes

KABUPATEN PANDEGLANG, Pelitabanten.com untuk usia 6-11 tahun saat ini tengah gencar dilakukan pemerintah Kabupaten Pandeglang untuk mencegah penyebaran Covid 19.

Ditengah upaya vaksinasi tersebut, beredar surat persetujuan yang dikeluarkan dari sekolah-sekolah untuk yang isinya seolah-olah pemerintah tidak akan segala resiko yang mungkin terjadi pasca vaksinasi, sehingga banyak orang tua murid yang tidak mengizinkan anaknya divaksin.

Menanggapi hal tersebut, saat ditemui diruang kerjanya, Jum’at (4/2/2022), Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Dinas Kabupaten Pandeglang Samsudin menjelaskan terkait surat persetujuan itu, “Kita harus bisa mengartikan surat tersebut dengan bijak, bukan berarti atau puskesmas lepas tangan ketika terjadi KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi), karena pemerintah daerah sendiri sudah mempunyai tim KIPI”, ujarnya

Apabila terjadi apa-apa setelah vaskinasi, lanjut Samsudin, tetap akan ditangani dulu di puskesmas terdekat, “Apabila tidak dapat tertangani di puskesmas, maka kami akan merujuk ke . Ketika terjadi KIPI kami (Pemerintah Daerah) bertanggung jawab penuh terhadap biaya dan peralatannya. Harusnya disampaikan kepada setiap orang tua supaya semua mengerti”, jelasnya.

Baca Juga:  Kelompok Tani Apresiasi Program FMSRB Konservasi Lahan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pandeglang

Masih kata Samsudin, harusnya memang dari tim sendiri ketika menyampaikan sosialiasi harus lebih maksimal untuk mengedukasi masyarakat.

“Sampaikan bahwa lebih banyak manfaatnya dari pada madharatnya ketika vaksin. Karena salah satu pencegahan covid 19 ya salah satunya dengan vaksin, selain itu juga harus menerapkan prokes”, tutupnya.