Beranda News

Gandeng PWI, LAPMI HMI Tangerang Raya Gelar Pelatihan Jurnalistik

Gandeng PWI, LAPMI HMI Tangerang Raya Gelar Pelatihan Jurnalistik

KABUPATEN TANGERANG, Pelitabanten.com — Lembaga Pers Islam (LAPMI) Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) Tangerang Raya menggelar Jurnalistik selama tiga hari, 18-20 Maret 2022.

Pelatihan untuk membekali kader Raya yang berminat menguasai keterampilan jurnalistik tersebut bekerjasama dengan Persatuan Indonesia (PWI) Kabupaten Tangerang.

Selama tiga hari, para peserta dibekali pengetahuan serta keterampilan jurnalistik oleh berbagai mumpuni, salah satunya dari anggota PWI Kabupaten Tangerang.

Ketua PWI Kabupaten Tangerang menyambut baik pelaksanaan kegiatan tersebut. “Inisiatif LAPMI HMI Tangerang Raya ini kami sambut baik, dan tentunya kami fasilitasi,” ujarnya, Sabtu 19 Maret 2022.

Fasilitasi tersebut, kata Sangki, dengan menyediakan narasumber dari pengurus PWI Kabupaten Tangerang, juga aula insan pers tersebut di bilangan, Cikokol, Kota Tangerang untuk digunakan sebagai tempat pelatihan.

“Kami berharap sinergi demikian terus berkelanjutan, tak hanya dengan teman-teman mahasiswa, melainkan juga dengan stakeholder lainnya,” imbuhnya.

Baca Juga:  Percepat Layanan Air Bersih di Pantura, Pj Bupati Tangerang Apresiasi Perumdam TKR

Menurut Sangki, pengetahuan dan keterampilan jurnalistik sangat penting dikuasai, tak hanya oleh wartawan, melainkan juga masyarakat umum. Alasannya, kata dia, di era ini, pembaca harus semakin kritis terhadap informasi yang beredar.

“Dengan menguasai pengetahuan jurnalistik, tentunya pembaca atau masyarakat akan semakin kritis dalam menyikapi sebuah informasi,” katanya .

Sementara Direktur LAPMI HMI Tangerang Raya Ade Aji Maulana mengatakan, pelatihan ini untuk membentuk kader HMI yang memiliki pengetahuan dan keterampilan jurnalistik. Sehingga mereka juga nantinya mampu menghasilkan karya jurnalistik yang memenuhi standar dan kaidah-kaidah jurnalistik.

“Materi yang diberikan mulai dari sejarah pers, Undang-undang pers, , teknik reportase dan menulis, hingga teknik SEO,” katanya.

Ade mengatakan, pelatihan ini yang pertama dihelat LAPMI HMI Tangerang Raya, dan rencananya akan berkelanjutan sampai peserta benar-benar menguasai materi seputar jurnalistik.

Baca Juga:  Pandemi Covid-19, PWI Kabupaten Tangerang Bantu Warga Terdampak PPKM

“Kemudian nanti praktik, baik melalui magang di media maenstream maupun melalui wahana yang kami sediakan,” pungkasnya.