Kamu Mahasiswa Tingkat Akhir? Simak 7 Hal Ini Yang Perlu Kamu Persiapkan Untuk Dunia Kerja
Ilustrasi orang sedang bekerja (sumber. Pixabay/Startupstockphotos

Pelitabanten.com- Kalau kamu sedang menjalani masa-masa akhir perkuliahan itu berarti kamu sudah harus mempersiapkan segala hal mengenai kehidupan setelah menjadi . Kira-kira apa sih yang perlu kamu persiapkan dari sekarang? Simak 7 hal dibawah ini.

1.  Membagi waktu

Mempersiapkan mental dalam mencari pekerjaan setelah masa-masa menjadi mahasiswa usai sangatlah diperlukan loh, mengingat mencari pekerjaan tidaklah . Akan tetapi kalau kamu sedang berusaha menyelesaikan tugas akhir, jadikanlah hal tersebut sebagai prioritas utama. Jangan sampai fokus kamu terpecah karena terlalu sibuk memikirkan dunia kerja nanti, sehingga tugas akhir malah terbengkalai.

2. Mempersiapkan banyak target

Sebagian orang pasti mempunyai tempat atau pekerjaan impian, tetapi hal tersebut jangan sampai menjadi patokan satu-satunya. Karena kalah kamu belum berhasil mencapai target yang kamu impikan kamu masih memiliki target yang lain. Jadi jangan menargetkan satu tempat saja untuk bekerja ya. Melainkan persiapkan sebanyak mungkin target tempat untuk bekerja yang pastinya sesuai dengan kemampuan dan keinginan kamu.

3. Mempelajari manajemen pekerjaan

Mempelajari bagaimana membuat lamaran kerja yang menarik dan startegi dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan saat wawancara itu sangat penting. Karena dari hal tersebut orang bisa menilai apakah kamu orang yang atau tidak. Jadi alangkah baiknya kamu mulai mempersiapkannya dari sekarang.

Baca Juga:  Ingin tahu caranya membangun bebiasaan baru? Simak 5 tips Ini!

4. Membuat profil LinkedIn

Di zaman sekarang sekali paltform media khusus untuk mencari pekerjaan hal tersebut sangat memudahkan kita dalam mencari pekerjaan, salah satunya LinkedIn ini. Tidak ada salahnya kamu membuat profil profesional di LinkedIn untuk mendukung latar belakang karir kamu loh.

Pasang foto dan deskripsi pekerjaan yang diinginkan. Kalau perlu, tambahkan surat lamaran profesional dan rekomendasi dari orang-orang yang kamu. Kamu tinggal pasang foto lalu sertakan deskripsi pekerjaan yang kamu inginkan dan jangan lupa lampirkan surat lamaran profesional. Kalau perlu, lampirkan juga rekomendasi dari orang-orang yang tahu akan kinerja kamu.

5. Menghadiri job fair

Menghadiri bagi mahasiswa tingkat akhir adalah sebuah keharusan loh. Disana kamu bukan hanya mendapatkan ilmu tapi juga dapat menambah relasi. Biasanya job fair dikhususkan untuk yang  fresh graduate yang ingin mencari pekerjaan.  Dengan mengikuti job fair kamu akan bagaimana menjaring pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan.

Baca Juga:  IKEA Seleksi 87.000 Gambar Ceria Jadi Koleksi Boneka SAGOSKATT 2018

6. Manfaatkan media sosial

Beberapa perusahaan kadang mencari tau calon pegawai mereka dengan cara ‘mengintip’ akun media sosial mereka loh. Maka dari itu, kamu harus menghapus postingan yang kurang baik. Hal itu dilakukan agar kamu terlihat profesional baik di dunia nyata maupun dunia maya.

7. Bangun relasi

Jagalah hubungan baik dengan siapapun salah satunya dengan Kaka tingkat semasa di kampus. Karena siapa tahu mereka bekerja di salah satu perusahaan impian kamu. Tanyakanlah tips dan trik agar diterima bekerja di perusahaan tersebut.

Selemat mencoba teman-teman, jangan menyerah dan terus berusaha.