Beranda News

Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP) Menyiapkan Agenda terkait Pancasila

Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP) Menyiapkan Agenda terkait Pancasila
Yudi Latief (ist)

JAKARTA, Pelitabanten.com – Unit Kerja Pembinaan Ideologi (UKP PIP) menyiapkan agenda terkait Pancasila menjelang dan setelah perayaan hari Kemerdekaan RI.

“Pertama tanggal 11-12 Agustus, sebenarnya kita mendukung Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) untuk mengumpulkan para mahasiswa di seluruh untuk mengalami satu proses penguatan pendidikan Pancasila di , terutama untuk mahasiswa baru yang akan dilakukan di Istana Bogor tanggal 11-12 Agustus,” kata Kepala UKP PIP di kompleks Istana Presiden Jakarta, Kamis.

Kegiatan itu menurut Yudi adalah model kerja sama antara Kemenristekdikti dan UKP-PIP dalam menyusun rancangan pembelajaran pancasila dengan memadukan berbagai unsur kreatif.

“Ada film, permainan, diskusi, keteladanan, sehingga belajar Pancasila itu menjadi sesuatu yang menyenangkan dan akan menampilkan sejumlah tokoh yang menjadi mahasiswa untuk mencapai kemajuan,” tambah Yudi.

Baca Juga:  Warga Binaan LP Pemuda Kota Tangerang Tewas Gantung Diri Diruang Sel Pengasingan

Kegiatan kedua akan dilakukan pada 21-22 Agustus yaitu Festival Prestasi Indonesia dengan merayakan 72 ikon keteladanan dan prestasi di berbagai bidang.

“Semangatnya adalah bagaimana Pancasila menjadi inspirasi maju. Jadi kita akan mengundang 72 ikon yang ada di Indonesia mulai musik, olahraga, sains, sosial ‘enterpreuner’, yang kemudian nanti akan membentuk semacam ‘booth’ tersendiri,” tambah Yudi.

Sehingga para pelajar, mahasiswa serta masyarakat umum bisa datang ke acara festival yang akan diselenggarakan di JCC Senayan.

“Terserah mereka akan menyukai bidang apa, kalau suka olah raga akan bertemu dengan idola mereka yang sudah mengibarkan panji besar di bidang olah raga, yang sukanya sains ada booth pemenang olimpiade, fisika, bahkan ilmuwan terbaik kita yang ada di luar negeri seperti Tarunan Ikrar dari Amerika juga akan pulang dan datang,” ungkap Yudi.

Baca Juga:  Ajat Sudrajat Terpilih Menjadi Ketua PWI Lebak 2024-2027 pada Konferensi PWI Lebak

Selain itu akan ada juga wawancara dengan para tokoh berprestasi yang harapannya dapat diliput oleh berbagai .

“Acara ini akan ditutup pagelaran seni pada tanggal 22 Agustus malam, ini namanya Pagelaran Seni Pancasila Gemilang. Lagi-lagi Pancasila sebagai inspirasi maju. Ini nanti menampilkan musisi-musisi terpandang yang punya pencapaian di tanah air ini tapi juga pembabakan pentas seninya akan mengikuti sila-sila Pancasila,” jelas Yudi.

Maksud sila-sila itu adalah pada babak pertama akan menampilkan keteladanan di bidang tertentu tapi juga akan ada musik dan yang bertaut dengan aspek religius.

“Kemudian sila kedua menampilkan figur yang ada dedikasi di bidang kemanusiaan dan lingkungan, nanti musiknya juga berkaitan dengan itu, nanti sejumlah musisi kondang akan mengambil bagian dari ini dan diharapkan Pak Presiden akan pada hari pembukaan,” ungkap Yudi.

Pembukaan juga akan dirayakan sebagai paduan suara dari berbagai anak sekolah menengah .

Baca Juga:  Pemkot Tangerang Gelar Upacara Ziarah dan Tabur Bunga di TMP

“Ada dari sekolah agama Islam, sekolah Kristen dan lainnya dan ada juga anak-anak yang memakai pakaian adat dari berbagai tempat di Indonesia, jadi itu yang akan segera kita luncurkan di bulan Agustus,” tambah Yudi.