Beranda News

Binaan DLH Kota Tangerang, 412 Kampung Iklim Tersebar di 104 Kelurahan

Binaan DLH Kota Tangerang, 412 Kampung Iklim Tersebar di 104 Kelurahan
Panen Sayur, Kampung Prokim Binaan DLH Kota Tangerang. Foto Prlitabanten.com (*/Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Dinas (DLH) kota Tangerang terus gencarkan program Kampung Iklim (Proklim) agar dapat tersebar di 104 Kelurahan berjalan secara . Upaya itu guna menciptakan lingkungan yang sejuk, hijau, bersih, aman nyaman.

Program Kampung Iklim (Proklim) merupakan program berlingkup Nasional yang dikelola oleh (KLHK) dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca.

Kepala DLH Kota Tangerang, Tihar Sopian, menuturkan sejak sosialiasi digelar pada tahun 2019, tercatat Kota Tangerang telah memiliki 412 RW kampung iklim dari 104 Kelurahan. Dimana mereka juga berhasil meraih prestasi hingga .

“Kami melakukan sosialisasi dan pembinaan kepada masyarakat terkait program kampung iklim ini, seperti pemberian , bagaimana pengolahan sampah yang benar, serta penerapan 3R (reduce, reuse, recycle), dan tentunya ini harus atas kesadaran masyarakat sekitar,” tuturnya.

Baca Juga:  Pembinaan Katar, Sachrudin: Generasi Muda Harus Lebih Kreatif

Ia juga mengatakan, peran serta masyarakat dalam pengelolaan lingkungan hidup melalui penerapan konsep 3S, yakni Sedekah Sampah dengan memilah dan pengolahan sampah organik dan , Sedekah Oksigen melalui , tutupan lahan, dan pembibitan, serta Sedekah Air lewat pembuatan sumur resapan, lubang biopori, dan sumur .

Lanjutnya, Tihar mengajak kampung lainnya untuk turut serta menjaga lingkungannya dimulai dari hal kecil, yaitu pemilahan dan pengurangan penggunaan sampah dirumah. “Kita juga terbuka bagi RW yang ingin dibina menjadi kampung iklim bisa mengajukan ke Kelurahannya masing-masing, dan nanti akan kami tindaklanjuti dengan melakukan sosialisasi serta pembinaan,” ujarnya.