Beranda News

PLN Infokan Program Migrasi Smart Meter AMI Untuk Seluruh Pelanggan

Press Release Foto: PLN (Istimewa)
Press Release Foto: PLN (Istimewa)

TANGERANG,Pelitabanten.com Utama PLN, Darmawan Prasodjo menyebut, Meter AMI mampu meningkatkan kenyamanan pelanggan.

Pasalnya, alat ini dapat mengumpulkan informasi penggunaan atau konsumsi listrik pelanggan secara otomatis, lalu mengirimkannya ke perangkat milik konsumen

dengan demikian, para pelanggan bisa mengetahui profil beban sekaligus tagihan listrik berjalan secara realtimemelalui PLN Mobile.

Petugas hanya akan datang ke rumah pelanggan untuk melakukan pemeliharaan atau pengecekan fisik apabila ditemukan data anomali atau gangguan pada media komunikasi smart meter.

“Kami akan melaksanakan program pembaruan kWh meter yang terpasang di rumah pelanggan menjadi Smart Meter AMI,” kata Darmawan Prasodjo dalam keterangan keterangan tertulis, rabu (23/8/2023).

Berikut ini sejumlah kelebihan Smart Meter AMI lainnya:

-Pelanggan bisa memilih layanan pascabayar maupun prabayar.

-PLN juga bisa mempercepat proses recovery time saat terjadi gangguan listrik karena bisa terdeteksi sistem secara realtime.

Baca Juga:  ASN Kota Tangerang Diminta Lebih Profesional dan Konsisten

-Pembacaan meteran yang sebelumnya dilakukan manual oleh petugas bisa dilakukan secara sehingga petugas tak perlu lagi datang ke rumah-rumah pelanggan karena pengecekan bisa dilakukan secara otomatis.

itu, tak ada pungutan biaya untuk penggantian Smart Meter AMI alias .

“Program ini gratis. Pelanggan tidak perlu mengeluarkan biaya,” jelas Darmawan.

Ditargetkan pada akhir tahun 2023 program ini akan dilaksanakan bagi 1.217.256 pelanggan secara bertahap dan mencakup beberapa daerah seperti di Jawa Timur (Sidoarjo), Jawa Tengah (Magelang), Jawa Barat (Bandung), Jakarta, Banten, , Medan, dan Makassar mulai bulan Agustus. 2023.

Terkait dengan kedatangan teknisi ke rumah, PLN menegaskan pihkanya tidak pernah menawarkan jasa layanan  ke pelanggan seperti penjualan box kWh meter atau pemasangan baru, dengan transaksi pembayaran langsung di rumah pelanggan

Executive Vice President Corporate Communication & TJSL PLN, Gregorius Adi Trianto mengatakan, pembayaran transaksi layanan PLN, selalu menggunakan nomor register atau kode bayar.

Baca Juga:  HLN ke-78, Donasi Pegawai PLN Berhasil Nyalakan Mimpi 2.587 Rumah Keluarga Kurang Mampu

Nantinya kode tersebut hanya bisa dibayarkan melalui payment point online bank (PPOB) atau marketplace.

Sehingga, seluruh pelanggan PLN harap mewaspadai segala tindakan penipuan yang mengatasnamakan PLN.

PLN tidak pernah meminta maupun uang dari pelanggan melalui nomor asing yang tak sesuai ketentuan.

Kemudian, Petugas PLN selalu membawa surat tugas, menggunakan tanda pengenal, alat pelindung diri (APD) dan seragam kerja selama bertugas. (Humas)