Beranda News

SDN Gondrong 3 dan SMPN 6 Wakili Kota Tangerang Lomba Sekolah Sehat se-Banten

SDN Gondrong 3 dan SMPN 6 Wakili Kota Tangerang Lomba Sekolah Sehat se-Banten
Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat se-Banten di SMPN 6 Kota Tangerang. Foto Pelitabanten.com (*/Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com –  Lomba (LSS) kembali digelar, SDN Gondrong 3 dan SMPN 6 mewakil kota Tangerang pada LSS se-Provinsi itu.

Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin, menerima Tingkat Provinsi Banten dalam rangka kunjungan penilaian 2 (dua)

Dalam kesempatannya, Sachrudin, menyampaikan pentingnya Sekolah Sehat untuk membentuk budaya bersih dan sehat sejak dini yang akan berdampak baik dalam kehidupan sehari-hari.

“Sangat penting, bagus untuk membangun karakter, sikap dan mental. Bermanfaat untuk dirinya sendiri, ketika berkeluarga dan bermasyarakat ke depannya,” jelas Sachrudin, saat acara yang dilaksanakan di Patio, Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Senin (4/9/2023).

“Kalau sehat mereka juga kan bisa dengan nyaman dan bebas berinovasi,” sambungnya.

Sachrudin, mengatakan, Sekolah Sehat pada prinsipnya terfokus pada usaha bagaimana membuat sekolah tersebut memiliki kondisi lingkungan belajar yang normal (tidak sakit) baik secara jasmani maupun rohani.

Baca Juga:  Asah Bakat Siswa, Dindik Kota Tangerang Luncurkan Sekolah Branding

“Dengan sekolah yang bersih, indah dan tertib dapat menciptakan kenyamanan bagi setiap warganya dalam melakukan yang bermanfaat, berdaya dan berhasil guna,” ujar Sachrudin.

Sachrudin, juga mengungkapkan, belum lama ini salah satu SDN Tangerang 3 telah berhasil mendapat juara satu jenjang sekolah perkotaan dalam inovasinya membuat Abate alami dari jeruk nipis.

“Selamat kepada ananda Darrel Alfarizky, semoga keberhasilan ini akan menjadi awal untuk inovasi selanjutnya, insya Allah dengan tubuh sehat anak – anak kita akan terus berkreativitas dan berinovasi,” ucap Sachrudin.

Kepala Dinas Pendidikan, , mengungkapkan tahun ini yang mewakili Kota Tangerang di tingkat Provinsi ada dua sekolah. Diantaranya, SMPN 6 Tangerang dan SDN Gondrong 3 Cipondoh. Dimana sebelumnya mereka telah berhasil juara di tingkat Kota Tangerang.

“Penerapan sekolah sehat ini sudah berlangsung sejak lama di Kota Tangerang, terbukti sejak 2018 Kota Tangerang meraih Juara dalam empat kali berturut-turut di tingkat Provinsi Banten. Hingga mewakili Provinsi Banten ke tingkat Nasional dan berhasil mendapat peringkat ketiga di tahun 2018 dan peringkat kedua di tahun 2019 tingkat Nasional,” ungkapnya.

Baca Juga:  HBA ke-60 Kajari Kabupaten Tangerang Selamatkan 5,8 Milyar Dari Berbagai Bidang

Ia juga mengatakan pada momen penilaian ini sudah mempersiapkan dari berbagai aspek yang menjadi indikator penilaian. Tentunya ini juga berkat kerja sama dari berbagai pihak, karena pada dasarnya Sekolah Sehat bisa terwujud bukan hanya programnya, namun kebiasaan masyarakat sekolah, serta sarana dan pra sarana yang kian dimaksimalkan.

“Harapan kami dari dua sekolah ini, Kota Tangerang bisa kembali mewakili Provinsi Banten maju hingga tingkat nasional. Sehingga ini juga dapat menjadi komitmen untuk sekolah lainnya agar terus menerapkan sekolah yang sehat, untuk generasi yang pintar,” harap Jamal.

Sementara itu, Tim Penilai UKS Provinsi Banten, Dede Rukhyati, menuturkan Kota Tangerang setiap tahunnya selalu mempertahankan dengan baik. Terbukti setiap sekolah yang dipilih mewakili Kota Tangerang menunjukan hasil yang sangat baik. Apalagi di tingkat , dari SDN Gondrong 3 Kecamatan Cipondoh, sedangkan tingkat SMP adalah SMPN 6 Tangerang.

Baca Juga:  PTM SD Tahap Dua, 180 Sekolah Kembali Dibuka di Kota Tangerang

“Indikator yang menjadi penilaian Sekolah Sehat ini dilihat dari Stratifikasi UKS, jadi ada Trias UKS dan Manajemen UKS yang meliputi pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sekolah sehat. Karena ini merupakan di tingkat Provinsi, sehingga level penilaiannya harus paripurna, agar dapat menuju tingkat Nasional,” jelas Dede.

Ia menyatakan, sejak didirikan TPUKS tingkat Kota Tangerang pada 2016 selalu menunjukkan yang terbaik. Bahkan, terus berturut-turut mewakili Provinsi Banten ke tingkat Nasional. “Saya harap tahun ini pun bisa menunjukan hasil yang baik dan dapat terus hingga Nasional,” harapnya.