Beranda News

Patut Disupport, DPUPR Bareng Warga RW 04 Perum Cimone Mas Permai II Tangerang Antisipasi Banjir

Patut Disupport, Dinas PUPT Bareng Warga RW 04 Perum Cimone Mas Permai II Tangerang Antisipasi Banjir
Antisipasi Banjir, Pengerukan Drainase dilakukan DPUPR Kota Tangerang Bersama Warga RW 04 Cimone Mas Permai. Kamis (28/9). Foto Pelitabanten.com

KOTA , Pelitabanten.com – Jadi langganan, setiap kali musim hujan tiba, warga di RW 04, Perumahan (Perum) Cimone Mas Permai II, Kelurahan Cimone, Karawaci, Kota Tangerang, Banten selalu kebanjiran.

Pasalnya, sejak tahun 1990 hingga 2023 kini, meskipun hujan dengan intensitas rendah di daerah tersebut terus pasti terjadi.

Beragam upaya pun sudah dilakukan dan kini sedang digencarkan antisipasi menjelang musim penghujan tiba.

Salah satunya, pembuatan , pengerukan saluran air, dan lainnya yang dilakukan Bidang Operasional dan Pemeliharaan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang () bersama warga.

Ketua RW Perumahan Cimone Mas Permai II, Acto Pambudi mengatakan, kerap terjadinya banjir lantaran letak tempat tinggal itu lebih rendah ketimbang Jalan Proklamasi dan beberapa RW sekitar.

Alhasil, wilayah dengan jumlah penduduk 826 tersebut terkena imbas aliran air ke saluran-saluran.

Baca Juga:  458,2 Gram Sabu dan 646 Gram Ganja Dimusnahkan Sat Narkoba Polres Metro Tangerang Kota

“Jadi kita ini (perumahan) posisinya kayak mangkok, nah aliran air dari atas itu masuk ke saluran air kita. Nah ini meliputi juga masuk ke RT 1, 2, 3, 4, 5, dan 7,” ucapnya saat ditemui sedang bakti bersama Bidang Operasional dan Pemeliharaan Dinas PUPR Kota Tangerang di lokasi, Kamis (28/9/2023).

Acto menyebutkan, setelah diperiksa pihaknya aliran air tersebut berujung ke RT 7 dan memutar kembali ke area depan perumahan. Setelah itu pun ia bersama warga berdiskusi untuk bersama mengentaskan permasalahan tersebut yang sudah lama terjadi.

“Nah setelah itu pun kita berdiskusi akan di sodet untuk menanggulangi banjir atau genangan. Dan nanti kita akan mengajukan agar saluran air ini lebih lebar sehingga nanti berujung ke dan dengan Dinas PUPR ini juga sedang kita komunikasikan dengan RW lainnya,” katanya.

Baca Juga:  Paripurna DPRD Kota Tangerang Setujui Pertanggungjawaban APBD Tahun 2022

Ditempat yang sama, Ketua Fraksi PDI Perjuangan, Andri S Permana menyebutkan, upaya yang dilakukan Bidang Operasional dan Pemeliharaan Dinas PUPR ini patut disupport dan diapresiasi.

Andri Berkata, dengan adanya kolaborasi ini mampu membangunkan kesadaran masyarakat tentang menjaga kebersihan lingkungan.

“Apalagi sekarang menjelang musim penghujan, jadi kita lihat bersama Bidang Operasional dan Pemeliharaan Dinas PUPR melakukan inisiasi normalisasi drainase pada akhirnya patut diberikan penghargaan. Sebab, tidak hanya menjalankan tupoksi, tapi melakukan mitigasi, assessment potensi titik genangan, dan banjir ini bisa dijadikan rujukan data,” ujarnya.

Andri menyatakan, rujukan tersebut nantinya pasti dapat melakukan kebijakan, program dan intervensi kegiatan yang perlu dibangun di wilayah itu. Tak hanya itu, dengan begitu dapat menjadi contoh kepada organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya yang tidak hanya menjalankan tupoksi.

“Namun juga tentu menjalankan dan penyadaran kepada masyarakat. Melakukan pengerukan sedimentasi, di beberapa titik yang disebut menjadi pendekatan awal serta nantinya membuat saluran air lebih bagus agar aliran lebih cepat ke luar wilayah ini,” kata anggota Dewan Kota Tangerang itu.

Baca Juga:  Perumahan Binong Permai Jadi Langganan Banjir, Pemerintah Terkesan Tutup Mata

“Kadang kita suka lupa di musim panas yang hari ini suhu 36 derajat, bahwa ada bagian OPD di Kota Tangerang tetap melakukan upaya ini. Bagi saya ini pastinya tidak akan serta merta dinikmati masyarakat hari ini, tapi ketika musim penghujan akan di rasakan,” pungkasnya.