Beranda News

Kren! Sejumlah Desa Raih Penilaian Terbaik Kinerja Keuangan Desa

Kepala DPMPD Kabupaten Tangerang, Yayat Rohiman memberikan penghargaan kepada ketua apdesi kabupaten tangerang H. Maskota.dalam acara Desa Award 2023.Foto.(Istimewa)
Kepala DPMPD Kabupaten Tangerang, Yayat Rohiman memberikan penghargaan kepada ketua apdesi kabupaten tangerang H. Maskota.dalam acara Desa Award 2023.Foto.(Istimewa)

KABUPATEN TANGERANG, Pelitabanten.com-Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa () Kabupaten Tangerang menggelar Desa 2023 untuk memberikan kinerja Pemerintah Desa se-Kabupaten Tangerang dan Launching Sistem Informasi Keuangan Desa,

Desa Award 2023 diadakan untuk mendukung desa-desa di Kabupaten Tangerang agar pelaksanaan kegiatan pemerintahan desa dari tahun ke tahun semakin meningkat di bidang pembangunan, bidang masyarakat, maupun bidang pemerintahan. Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pada Daerah,

Yani Sutisna mengatakan, DPMPD juga melaunching Sistem Informasi Keuangan Desa (SISKEUDES) yang menjadi bagian dari upaya mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan dan pengelolaan keuangan desa yang akuntabel.

“Kita sadari bahwa optimalisasi penyelenggaraan pemerintahan desa yang lebih berkualitas sudah menjadi suatu keharusan, kemudian melakukan inovasi kinerja pemerintahan desa agar pelayanan yang efektif, efisien, profesional dan akuntabel dapat benar-benar tercapai dan dirasakan oleh masyarakat,” tuturnya.

Baca Juga:  PWI Kecam Intimidasi dan Ancaman Pembunuhan terhadap Wartawan Detik.com

Pengelolaan keuangan yang akuntabel oleh Pemerintahan Desa menjadi kewajiban yang mutlak harus dipenuhi. Salah satu cara yang dilakukan adalah mengoptimalkan penggunaan atau digitalisasi pengelolaan keuangan desa agar menjadi lebih transparan dan bertanggung jawab.

Selain itu, aplikasi Sistem Informasi Keuangan Desa (SISKEUDES) ini nantinya bisa menjadi Tools bagi Pemerintah Daerah untuk melakukan proses Monitoring dan Audit pengelolaan keuangan desa secara Real Time,

Efektif dan Efisien sehingga membawa konsekuensi logis pada penyelenggaraan pemerintahan desa dan pembangunan berdasarkan manajemen keuangan desa yang sehat, berdaya guna dan berhasil guna.

“Oleh karena itu, langkah digitalisasi keuangan desa melalui sistem informasi keuangan desa ini menjadi satu langkah nyata dan bukti keseriusan pemerintah dalam upaya menguatkan sistem penyelenggaraan Pemerintahan desa yang akuntabel,” tuturnya.

Dia berharap, hadirnya Sistem Informasi Keuangan Desa (SISKEUDES) dapat memberikan kemudahan bagi setiap aparatur Pemerintahan Desa dalam melakukan proses pelaksanaan tahapan penyelenggaraan mulai dari tahapan , Pelaksanaan sampai tahapan proses pertanggungjawaban.

Baca Juga:  Pegawai Pemkot Tangerang Diwajibkan Gunakan Aplikasi Tangerang Ayo, Untuk Apa?

Sementara itu, Kepala DPMPD Kabupaten Tangerang, mengatakan acara Desa Award 2023 dan Launching Sistem Informasi Keuangan Desa ini menjadi motivasi bagi seluruh Desa yang ada di Kabupaten Tangerang sebanyak 246 desa untuk terus meningkatkan tatakelola keuangan desanya dan meningkatkan kinerjanya di desa untuk kesejahteraan masyarakat desa.

“Saya berharap bahwa desa award ini terus berlanjut untuk memberikan motivasi kepada desa dan juga memberikan pembinaan kepada desa,” ujarnya

Sebagai Informasi, untuk desa-desa yang memenangkan penghargaan yaitu Desa Dangdeur dengan kategori Desa Serapan Belanja Desa Terbaik, Desa Kiarapayung dengan kategori Pembayaran pajak belanja desa terbaik, Desa Cirumpak dengan kategori Penatausahaan keuangan terbaik, Desa Malangnengah dengan kategori Penyaluran BLT Desa tercepat tahun anggaran 2023, dan Desar Mekarsari dengan kategori Penetapan APBDES tercepat.