Beranda News

Atur Lalu Lintas, Pemkot Tangerang Gunakan Traffic Public Announcement

Atur Lalu Lintas, Pemkot Tangerang Gunakan Traffic Public Announcement
Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah pada acara launching Traffic Public Announcement (TPA)

TANGERANG, Pelitabanten.com – Untuk mengatur arus lalu lintas di jalan raya, Kota Tangerang gunakan Traffic Public Announcement (TPA). Alat tersebut memungkinkan untuk bisa memberikan teguran ataupun himbauan ke yang ada di beberapa simpang jalan.

Sehingga kemacetan atau kesemerawutan lalu lintas di pertigaan dan perempatan bisa diminimalisir. Dengan cara menegur pengendara yang tidak tertib aturan. Sebelumnya pemkot melalui Dinas Perhubungan, menerapkan sistem kendali lalu lintas atau Area Traffic Control System ().

Wali Kota Tangerang R. Wismansyah pada acara launching TPA menghimbau kepada para pengguna jalan raya, agar taat mengikuti aturan lalu lintas. “Bagi yang kebetulan melewati garis batas zebra cross, supaya memundurkan kendaraannya. Sehingga tidak mengganggu pejalan kaki yang melintas,” kata Arief. Kamis (21/9/2017)

Ia juga menyempatkan diri ke ruang Comand Center dan mencoba langsung alat TPA yang sudah dikengkapi dengan perangkat ATCS. “Bapak yang pakai baju merah, silahkan mundur sedikit. Agar tidak menghalangi pejajalan kaki yang melintas. Mari kita biasakan berlaku tertib,” tegur Arief kepada pengendara, lewat TPA di ruang Comand Center.

Baca Juga:  Wali Kota Tangerang Evaluasi Pihak Kontraktor Proyek Pembangunan Jembatan

Untuk diketahui. Sebanyak 33 persimpangan yang sudah dipasang ATCS, saat ini baru 4 simpang yang sudah menggunakan alat TPA. Pemkot kata Arief, selama ini terus berupaya menyelesaikan persoalan transportasi. Terutama yang erat kaitannya dengan kemacetan lalu lintas.

Upaya yang telah ditempuh antara lain pengembangan trasnportasi massal melalui bus . Melayani rute Jatake-. Selanjutnya penambahan geometri jalan untuk menampung volume kendaraan yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Kemudian berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk meminimalisir dampak kemacetan.

“Sebentar lagi ada api Jakarta Ekspress Bandara. Apakah jalan tol Bandara – Kunciran apakah mampu menyelesaikan persoalan kemacetan. Belum tentu. Semua perlu dukungan masyarakat. Minimal pengguna kendaraan harus tetap tertib berlalu lintas,” tandas Arief.