Beranda Properti

Soal Bangunan tanpa IMB di Neglasari, Satpol PP Akan Rapat dengan OPD Terkait

Soal Bangunan tanpa IMB di Neglasari, Satpol PP Akan Rapat dengan OPD Terkait

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Sejumlah bangunan tempat di Jl Surya Dharma, Kecamatan , Kota Tangerang tidak memiliki Ijin Mendirikan Bangunan (IMB).

Bangunan milik swasta/perorangan itu berdiri berjejer di lahan milik sebuah institusi negara. Di lahan itu, berderet bangunan rumah makan pusat jajanan serta usaha lainnya.

Para pemilik bangunan seakan merasa perkasa sehingga dengan seenaknya menabrak Undang Undang dan Peraturan Daerah mengenai bangunan.

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2002 Tentang Bangunan Gedung dalam pasal 35 ayat 4 menyebutkan, “ bangunan gedung dapat dilaksanakan setelah rencana teknis bangunan gedung disetujui oleh Daerah dalam bentuk izin mendirikan bangunan, kecuali bangunan gedung fungsi khusus.”

Tak hanya itu, Kota Tangerang Nomor 17 Tahun 2011 Tentang Retribusi Perijinan Tertentu dan Perda Nomor 3 Tahun 2012 Tentang Bangunan Gedung telah mengatur semua itu.

Baca Juga:  Ini Resolusi 2018 Bidang Gakumda Satpol PP Kota Tangerang

Kepala Bidang Penegakan Produk Hukum Daerah Satuan Polisi Pamong Praja (Kabid Gakumda Satpol PP) Kota Tangerang, SSos MM ketika dikonfirmasi mengenai bangunan tanpa IMB di lahan milik institusi negara itu, menjelaskan atas arahan Kasatpol PP, H Mumung Nurwana pihaknya akan segera melakukan rapat dengan Organisasi Perangkat Dinas (OPD) terkait.

“Rapat itu akan membahas dan menyusun langkah-langkah yang akan dilakukan berkenaan bangunan di kawasan tersebut. Rapat itu akan digelar dalam pekan ini,” jelas Kabid , Kaonang SSos MM.

Dijelaskan Kaonang, di negeri ini ada Undang Undang dan Peraturan Daerah yang telah mengatur mengenai bangunan. Siapa pun hendaknya taat asas dan taat hukum.

“Bukan pihak pemilik lahan yang harus mengurus IMB, namun yang punya bangunan yang harus ngurus IMB,” tegas , Kaonang, SSos MM.***

Baca Juga:  FPK Tampilkan 50 Pakaian Adat dan Deklarasikan Persatuan

• Ateng Sanusih