Beranda News

Menko PMK: Kita Perkuat Roadmap SDM yang Sudah Ada

Menko PMK: Kita Perkuat Roadmap SDM yang Sudah Ada

JAKARTA, Pelitabanten.com – Menteri Koordinator Bidang Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani akan berkoordinasi dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution untuk mengembangkan roadmap pembangunan SDM. Menko PMK menegaskan bahwa saat ini program pembangunan SDM akan diperkuat. Hal ini disampaikan Menko PMK saat menjawab pertanyaan jurnalis di Kompleks Istana Kepresidenan usai mengikuti Sidang Kabinet Paripurna (SKP), Senin (12/2/2018).

“Penambahannya itu, ya kita harus lihat roadmap secara keseluruhannya dulu”, ujar Menko PMK, Puan Maharani.

Menko PMK menilai pengembangan roadmap SDM tidak hanya bisa dibuat dalam jangka pendek atau secara parsial, tapi sampai beberapa puluh tahun.

Dicontohkan, Menko PMK, terkait rencana pembangunan vokasi yang terintegrasi dan tersinergi dengan Kementerian Perindustrian perlu diperkuat, terkait kebutuhan infrastruktur, berapa SDM yang  diperlukan, berapa banyak yang perlu difokuskan bidangnya, dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Mendagri Beri Teguran Keras kepada Gubernur Papua

Berkaitan dengan anggaran LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan), Menko PMK menilai anggaran tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk mengirim mahasiswa S2 dan S3, tetapi juga bisa digunakan untuk afirmasi tenaga dosen, profesor, dan lainnya agar bisa sekolah ke luar demikian juga sebaliknya.

“Tentu saja harus ada koordinasi antar 2 Menko, saya dengan Pak Menko Perekonomian. Untuk bisa kemudian mempertajam roadmap SDM ini. Ke depannya itu bukan hanya jangka pendek tetapi juga bisa jangka menengah dan jangka panjang sesuai dengan kebutuhan yang ada”, tegas Menko PMK.

Terkait hal ini, Menko PMK sedang berkoordinasi dengan Menko Perekonomian, Darmin Nasution.

Sebelumnya, dalam pengantar SKP (Sidang Kabinet Paripurna),  Joko Widodo (Jokowi) meminta Kementerian untuk membuat roadmap pembangunan sumber manusia (SDM) 2019.

“Saya ingatkan bahwa tahun 2019 adalah tahun dan saya minta agar setelah melakukan percepatan untuk peningkatan daya saing kita, maka mulai 2019 kita harus fokus pada pembangunan SDM, pembangunan sumber daya manusia”, tegas .

Baca Juga:  Polisi Tangerang Kota Gelar Doa dan Shalat Ghaib untuk Korban Gempa Cianjur

sumber daya manusia, Presiden meminta Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Perindustrian, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi, Menteri , dan Kementerian yang lain, mulai merancang apa yang akan dikerjakan dalam kerja besar pembangunan sumber daya manusia.