Beranda News

Gubernur Banten Ingin Kota Serang Punya Karakter Sebagai Ibukota Banten

Gubernur Banten Ingin Kota Serang Punya Karakter Sebagai Ibukota Provinsi Banten

SERANG, Pelitabanten.com – Gubernur Banten meminta Pemerintah Kota Serang melakukan pembenahan di berbagai bidang tertutama infrastruktur jalan dan penataan kota karena posisinya sebagai Ibukota Banten.

“Di berbagai derah tentunya kulturnya beda, persoalannya beda, kota dan kabupaten juga berbeda. Tapi untuk Kota Serang ini saya ingin menyarankan agar tegaskan dulu posisioning kota itu, apakah ini kota perdagangan, jasa, kota commuter, kota budaya atau kota satelit. Paling tidak kita harus memformulasikan bahwa ini adalah ibu kota provinsi,” kata Gubernur Wahidin Halim pada rapat Koordinasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah oleh gubernur sebagai wakil pemerintah pusat di Aula Setda, Kawasan Puspemkot, Higland Park, Kota Serang. Kamis (3/5/2018)

Hadir dalam kesempatan tersebut, Walikota Serang Tb Haerul Jaman, Wakil Walikota Sulhi Choir, para kepala OPD di Lingkungan Pemkot Serang dan FKPD Kota Serang.

Menurut Wahidin, ketika Kota Serang menjadi Ibukota Banten, berarti Pemprov Banten harus bertanggung jawab untuk menyatakan bahwa Serang adalah memang sebuah kota, berkarakter.

Baca Juga:  Korban Luka Tsunami, Kapolres Doakan KH. Djuhdi Suminta

Ia mengatakan, Pemprov Banten dapat memfasilitasi kabupaten/kota yang ada di wilayahnya, gubernur juga dapat melakukan evaluasi tata ruang daerah, pajak daerah dan retribusi daerah, dan juga berperan dalam mengoordinasikan perencanaan pembangunan antardaerah dan antara provinsi dengan kabupaten/kota, serta memberi rekomendasi kepada pemerintah atas usulan Dana Alokasi Khusus (DAK) bagi kabupaten/kota.

“Infrastruktur di Kota Serang nanti kita bantu, saya minta PU provinsi termasuk Bappeda membuat semacam kesepakatan terkait tanggung jawab. Kota Serang harus menjadi kota terbaik bagi Banten,” kata Wahidin.

Dalam rapat koordinasi tersebut, dilakukan dialog antara Gubernur dengan para pejabat Kota Serang khususnya yang berkenaan dengan infrastruktur, lingkungan, kemacetan, pengelolaan aset dan revitalisasi kawasan Banten Lama.

“Banten lama itu menjadi ikonya Kota Serang dan ikonya Banten. Kita katanya religius, berbudaya, masa kita tidak memberikan perhatian, masa kita biarkan orang-orang diluar pemerintahan mengelola itu sangat tidak teratur, jorok,” katanya.

Baca Juga:  Terima DIPA Tahun 2022, Bupati Serang Harap Realisasi Serapannya Baik

Ia mengatakan, gubernur tidak pernah bermaksud menguasai atau mengambil alih, gubernur hanya ingin bagaimana Banten lama itu dibenahi dengan baik.

Walikota Serang Tb Haerul Jaman mengapresiasi kunjungan Gubernur Banten bersama jajarannya. Pihaknya memaparkan sejumlah program-progam Pemkot Serang yang telah dilakukan dan sedang di programkan.

Haerul Jaman juga mengharapkan kerjasama dan perhatian serius dari Pemprov Banten agar Kota Serang bisa memaksimalkan perannya dalam rangka pelayanan kepada masyarakat.

“Tentunya apa yang disampaikan  Pak Gubernur manjadi catatan dan masukan untuk kita semua dan khusunya kepala OPD.  Mudah-mudahan ini menjadi sesuatu yang bermanfaat kedepan dan menjadikan semangat bagi Kota Serang untuk lebih baik lagi,” kata Jaman.