Beranda News

Penuhi Undangan Bincang Literasi, Kadiskerpus Lebak Ajak Warga Desa Muaradua Gotong Royong Bangun Perpustakaan

Penuhi Undangan Bincang Literasi, Kadiskerpus Lebak Ajak Warga Desa Muaradua Gotong Royong Bangun Perpustakaan

LEBAK, Pelitabanten.com – Undangan bincang-bincang yang disampaikan mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Serang-Banten kepada Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lebak, H. Asep Komar Hidayat menjadi bagian terpenting dari rangkaian kegiatan Kuliah Nyata Tematik Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pendidikan (PMBP) Kelompok IV yang digelar di Kantor Desa Muaradua, Kecamatan Cikulur, Kabupaten Lebak-Banten.

Dalam sambutannya H. Asep Komar Hidayat menyampaikan apresiasinya kepada para mahasiswa UPI yang selama kurang lebih satu bulan melaksanakan KKN sebagai bentuk di masyarakat. Karenanya Kadiskerpus menghimbau kepada mahasiswa untuk tidak sungkan-sungkan mengajak warga agar gemar membaca. Sebab dengan membaca adalah sama saja dengan membuka jendela dunia.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan teman-teman mahasiswa UPI yang memfokuskan pengabdiannya kepada pendidikan di desa tempat lokasi KKN. Oleh karenanya saya menghimbau kepada teman-teman mahasiswa untuk mengajak warga desa giat membaca buku. Sebab dengan membaca jendela informasi dan pengetahuan akan terbuka,” katanya, Minggu (5/8/2018).

Baca Juga:  Pemuda Desa Lebak Tipar Antusias Ikuti Ramadhan Berliterasi

Hadir dalam kegiatan tersebut Ciparasi Kecamatan Sobang, Fathurohman yang memberi motivasi kepada Kepala Desa Muaradua agar memberikan layanan kepada warga masyarakatnya berupa fasilitas ruang untuk membaca di area Kantor Desa seperti di aula atau di tempat yang memadai sebagai sarana ruang publik untuk belajar bersama.

“Di desa Ciparasi, Sobang saya menyediakan wifi gratis bagi warga yang mau belajar yang tersedia di aula desa dimana terdapat Perpustakaan Desa Fathussalam. Makanya dalam kesempatan kali ini saya mengajak Pak Kades Muaradua untuk membangun perpustakaan desa sebagai sarana belajar bagi warganya,” ucap .

Selain Jaro Fathur yang hadir di tengah warga desa yang diundang, diskusi yang dimoderatori oleh Hanifah Ralis, mahasiswi UPI, hadir juga masyarakat, tokoh agama, guru-guru dan -siswi, pegiat literasi Lebak, Ketua , Anggota Satgas Literasi, Bhabinkamtibmas Cikulur dan perwakilan Pergerakan Mahasiswa Kecamatan Cikulur (PMKC).

Baca Juga:  Curug Cipicung, Surga Tersembunyi di Pelosok Sobang

Kehadiran perwakilan PMKC mendapat sambutan hangat warga yang diharapkan dapat menjadi penggerak bagi berlangsungnya gerakan literasi di desa Muaradua. Hal tersebut disampaikan oleh Kadiskerpus Lebak dengan mengamanatkan PMKC untuk mendorong Kepala Desa Muaradua bersama warga bergotong royong membangun perpustakaan desa.

“Saya berharap teman-teman mahasiswa dari PMKC selaku pemuda Cikulur menjadi motor bagi gerakan literasi di desa-desa di kecamatan Cikulur untuk membantu para kades membangun perpustakaan. Tentunya saya berharap setelah pertemuan ini, teman-teman PMKC dapat membantu Kades Muaradua untuk membangun perpusdes,” ujar H. Asep Komar yang juga selaku pengelola Wahana Kolam Renang BIM Waterboom.

“Sebagai permulaan, tidak harus mengeluarkan biaya besar untuk niat yang besar dan mulia membangun Perpustakaan Desa. Cukup bergotong royong saling membantu antar warga, yang punya kayu bisa disumbangkan, yang punya paku juga bisa membantu dan lain sebagainya. Keinginan apapun bisa diwujudkan jika ada kemauan bersama, apalagi Aturan Dana Desa ada peruntukannya tinggal dialokasikan saja oleh Pak Kades,” pungkasnya.

Baca Juga:  DPKP Kabupaten Tangerang Data Pelaku Usaha Pangan Segar Asal Tumbuhan

Penuhi Undangan Bincang Literasi, Kadiskerpus Lebak Ajak Warga Desa Muaradua Gotong Royong Bangun Perpustakaan