Beranda News

FTBM Kota Tangerang Resmi Terbentuk, Jazuli : Ini Momentum Bangkitkan Gerakan Literasi

FTBM Kota Tangerang Resmi Terbentuk, Jazuli : Ini Momentum Bangkitkan Gerakan Literasi
FTBM Kota Tangerang Resmi Terbentuk. Rabu, (12/12/2018) Foto Ist. Pelitabanten.com

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com — Forum Taman Bacaan (FTBM) Kota Tangerang akhirnya memiliki pengurus baru yang dilantik oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah () Kota Tangerang, Ir. Hj. Meita Bachraini, M.Si. yang mewakili Walikota Tangerang.

Ketua FTBM terpilih, Saiful Arfan mengatakan bahwa kepengurusan ke depan akan mengusung misi pengembangan budaya membaca sebagai salah satu gerakan literasi yang saat ini masih menjadi trending topic di Indonesia.

“Kami sadar, bahwa minat baca masyarakat saat ini sangat rendah oleh karena budaya membaca harus terus digelorakan. Pemimpin yang baik adalah yang membaca, mahasiswa dan yang baik adalah yang membaca, guru yang baik adalah yang membaca. Marilah membaca”Ajaknya.

Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Kota Tangerang, A. Jazuli Abdillah yang ditapuk sebagai ketua dewan penasehat dalam sambutannya mengatakan bahwa ini menjadi momentum baru kebangkitan budaya literasi di Kota Tangerang. Istilah selaras dengan membaca.
“Ini harus baru gerakan literasi, di era yang tak lepas dari smartphone, gadget, dan handphone, hadirnya Taman Bacaan Masyarakat () adalah solusi.

Baca Juga:  Kapolsek Karawaci Rangkul Tokoh Agama Awasi Peredaran Narkoba

Tapi harus berorientasi substantif bukan hanya simbolis dan formalistik. Anak-anak muda yang tergabung dalam FTBM ini adalah generasi yang tercerahkan, memiliki idealisme dan semangat pengabdian yang tinggi. Oleh karenanya pemerintah dan para pihak harus bekerjasama agar ide kreatif ini tersalurkan secara produktif. Ini adalah ibadah sosial yang mencerdaskan.

Ketimbang kita mencaci maki kegelapan akan kondisi bangsa ini, lebih baik kita menyalakan lilin dalam kegelapan. Nah, hari ini melalui TBM kita mulai menyalakan lilin-lilin itu”Ujar Staf Ahli Gubernur tersebut.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD), Ir. Hj. Meita Bachraini, M.Si. saat membuka acara menyampaikan bahwa hadirnya FTBM ini menjadi mitra strategis kami, “kami minta FTBM bekerjasama sinergis, terlebih pemkot Tangerang dalam 3 tahun ini punya membentuk Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di 1004 RW se-Kota Tangerang,”Ujarnya.

Baca Juga:  Pengurus Forum TBM Pandeglang Siap Tebar Virus Literasi
FTBM Kota Tangerang Resmi Terbentuk, Jazuli : Ini Momentum Bangkitkan Gerakan Literasi
Foto Ist. Pelitabanten.com

Acara yang digelar di aula DPAD ini dihadiri oleh berbagai undangan diantaranya Pengurus FTBM Provinsi Banten, Dewan Pendidikan, ICMI, LPM, Kampus UNIS, dan perwakilan organisasi lainnya.