Beranda Pendidikan

Peringati Milad ke-25 Tahun, Sekolah Al-Qudwah Gelar Seminar dan Karya Literasi

Peringati Milad ke-25 Tahun, Sekolah Al-Qudwah Gelar Seminar dan Karya Literasi

LEBAK, Pelitabanten.com – Peringati 25 tahun Qudwatul Ummah , Sekolah Al-Qudwah menggelar seminar dan Karya Al-Qudwah dengan tema “Peran Sastra dalam Membentuk Kepribadian” dihadiri Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Lebak H. Asep Komar Hidayat dan Sastrawan Pendiri , penulis novel Balada Si Roy Gol A Gong di Aula Granada, Kamis (24/1/2019).

Kepala Bidang Yayasan Samson Rahman dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya seminar dan kehadiran tamu undangan dari siswa-siswi sekolah, komunitas sastra terlebih atas kehadiran para narasumber.
“Saya menghaturkan terimakasih atas kehadiran seluruh undangan juga narasumber yang telah hadir di tengah kita terutama Mas Gol A Gong sahabat saya,” ucapnya.

Peran sastra dalam membentuk karakter disampaikan Kadiskerpus Lebak H. Asep Komar Hidayat sebagai bagian dari metode pendidikan menumbuhkan sikap-sikap kebaikan antar sesama.

Baca Juga:  Diskerpus Lebak Gelar Lomba Bercerita Tingkat SD dan SMP, Pendaftaran Dimulai 1 Februari

“Karya sastra yang baik akan memengaruhi pembacanya memiliki sikap yang baik, saling menghargai dan peduli kepada sesama manusia,” ujar Kadiskerpus.

H. Asep Komar dalam kesempatan tersebut mengundang salah satu peserta untuk maju ke depan menyampaikan kesannya selama mengikuti pelajaran sastra. Yustina, siswa SMPN 1 Rangkasbitung anggota Komunitas Sastra Balkon menyampaikan kesannya selama belajar sastra setiap hari Sabtu di Ruang Baca Anak perpustakaan Saidjah Adinda.

“Dengan belajar sastra saya bisa menghargai pendapat teman dan peduli pada sesama,” kata Yusnita.

Sastrawan Gol A Gong yang mulai menggeluti dunia sastra sejak 1975 berharap dunia sastra dapat mengubah pola pikir masyarakat khususnya di ke arah yang lebih berkarakter terutama kejujuran dan kepribadian.

“Sastra sebagai bagian terpenting dalam membangun karakter masyarakat diharapkan mampu mewarnai kehidupan khususnya di Banten,” tandasnya.

Selain berbincang seputar sastra, dalam seminar ini juga meluncurkan “Answer Me, 17!” karya Adinda Putri dan Guru untuk karya Supadilah.

Baca Juga:  Pelatihan Pupuk Alami KKM Mandiri Untirta, Jaro Ruhandi: Pertanian Alami Menjalin Hubungan Antar Manusia dengan Allah dan Alam