Beranda News

Dipembukaan MTQ XX Kota Tangerang, 104 Kepala ULPTQ Dilantik

Dipembukaan MTQ XX Kota Tangerang, 104 Kepala ULPTQ Dilantik
104 Kepala ULPTQ Resmi Dilantik di Pembukaan MTQ Ke XX Kota Tangerang. Foto Pelitabanten.com

KOTA , Pelitabanten.com — Pada pembukaan penyelenggaraan -XX Tingkat Kota Tangerang dilantik juga Kepala Unit Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (ULPTQ) Kelurahan se-Kota Tangerang.

Pembukaan dan pelantikan secara resmi dilakukan oleh Wali Kota Tangerang H. Arief R. Wismansyah dan Wakil Wali Kota Tangerang H. Sachrudin, pada Rabu (16/10/2019), di Komplek Buana Gardenia, Kelurahan Pinang, Kecamatan Pinang. Kota Tangerang.

Berbagai rangkaian acara XX tersaji sejak siang hari, mulai dari pawai ta’aruf dan defile kafilah diikuti ribuan peserta.

Antusias penonton dari berbagai daerah di Kota Tangerang memenuhi area penyelenggaraan acara. Baik peserta dan penonton rela berpanas-panas menyaksikan berbagai rangkaian acara.

Dipembukaan MTQ XX Kota Tangerang, 104 Kepala ULPTQ Dilantik
Pembukaan MTQ XX Kota Tangerang Ditandai Dengan Pemukulan Bedug Oleh Wali Kota Tangerang. Foto Pelitabanten.com

Sepanjang lokasi MTQ terdapat berbagai aneka stand bazzar dari UKM Kota Tangerang dan di panggung utama sendiri penonton dihibur dengan penampilan grup Band Not yang membawakan lagu – lagu islami.

Baca Juga:  Koramil 03/Legok Maksimalkan Serbuan Vaksin di Wilayah Binaan

Wali Kota Tangerang, Dalam sambutannya sebelum meresmikan pembukaan Mushabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke XX, menjelaskan bahwa kegiatan tahunan MTQ yang digelar adalah upaya daerah bersama masyarakat untuk menanamkan nilai-nilai Al-Qur’an sebagai pondasi dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Kota .

Arief mengaku, dalam mewujudkan hal tersebut, Pemerintah Kota Tangerang mengukuhkan 104 kepala ULPTQ Kelurahan se-Kota Tangerang dengan menunjuk Sekretaris Kelurahan yang bertanggungjawab sebagai ketua ULPTQ.

“Bagaimana kita menanamkan nilai-nilai Qurani juga menjadi bagian dari budaya masyarakat Kota Tangerang,” ungkapnya.

“Maka sekarang, di tahun ini, kita ingin LPTQ mengakar hingga ke bawah, yang artinya pembinaan tidak berhenti di tingkat kecamatan,” imbuh Arief.

Menurutnya, pembinaan bagi qori-qoriah nantinya bukan hanya dilakukan oleh pemerintah saja, tapi justru masyarakat ikut berperan aktif menciptakan bakat masyarakat mulai dari hingga dewasa.

Baca Juga:  Dinsos Usir Orang Terlantar, Akhirnya Pol PP Yang Anterin Pulang

“Seperti kelompok-kelompok majelis ta’lim, pembina pondok pesantren, pengurus masjid dnan mushola, dan lain sebagainya lewat ULPTQ bisa membantu,” terangnya.

Dipembukaan MTQ XX Kota Tangerang, 104 Kepala ULPTQ Dilantik
Wali Kota Tangerang, H. Arief R Wismansyah. Foto Pelitabanten.com p

Lebih jauh Wali Kota Tangerang tersebut akan terus berupaya melakukan pembinaan, tujuannya agar nantinya Kota Tangerang memiliki pada ajang MTQ Banten sampai ke tingkat Nasional.

“Inikan yang kita jaga originalitas, jadi pesertanya harus benar-benar  masyarakat Kota Tangerang, doakan mudah-mudahan tahun depan kita bisa terus berprestasi,” jelasnya.

Dirinya berharap seluruh qori-qoriah yang berlaga di MTQ ini dapat menjadi motivasi bagi anak-anak lain di lingkungannya agar mau ikut belajar dan  membumikan kitab suci Al-Qur’an.

“Apalagi di jaman milenial sekarang, jangan sampai mereka meninggalkan Al-Qur’an dan sunnah yang menjadi pedoman dalam rangka mewujudkan masyarakat berakhlakul karimah,” tutupnya.

Untuk diketahui, dalam penyelengaraan Mustabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke- XX Tingkat Kota Tangerang Tahun 2019 ini mengambil tema.

Baca Juga:  Digadang Meriah, MTQ ke- XX Kota Tangerang Akan Digelar di Kecamatan Pinang

“Implementasi Nilai-Nilai Alquran Sebagai Pondasi Membangun Masyarakat yang Berdaya Saing dengan Landasan Akhlaqul Karimah”

MTQ tahun 2019 ini diikuti 644 peserta dari 13 kecamatan yang ada di Kota Tangerang. (Adv)