Beranda Pendidikan

Juara Lomba Dongeng Diskerpus Lebak Disiapkan untuk Bersaing di Tingkat Provinsi Banten

Juara Lomba Dongeng Diskerpus Lebak Disiapkan untuk Bersaing di Tingkat Provinsi Banten
Diskerpus Lebak menyelenggarakan Lomba Dongeng tingkat SD dan SMP se-Kabupaten Lebak, Rabu (19/2/2020).

, Pelitabanten.com yang diselenggarakan Dinas Kearsipan dan Kabupaten Lebak untuk tingkat SD dan SMP se-Kabupaten Lebak telah memilih peserta terbaiknya sebagai juara. Juara I untuk tingkat SD dan SMP akan mewakili Lebak pada ajang lomba serupa di dalam beberapa bulan mendatang. Hal tersebut disampaikan Kepala Diskerpus Lebak Ir. Budi Sugianto dalam laporannya pada seremoni di Aula Perpustakaan Saijah Adinda, Rabu (19/2/2020).

“Hasil dari lomba dongeng ini, masing-masing tingkat SD dan SMP, Juara I akan mewakili Kabupaten Lebak pada ajang lomba yang sama di tingkat provinsi. Tahun lalu Lebak berhasil meraih Juara II untuk tingkat SD dan Juara III untuk tingkat SMP, saya berharap tahun ini dapat meraih untuk mewakili Lebak ke tingkat Nasional,” katanya.

Dalam lomba dongeng dengan tema “Cerita Rakyat Kearifan Budaya Lokal Kabupaten Lebak” bekerjasama dengan UPTD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ini cerita atau legenda Lebak yang cukup bervariasi, salah satunya legenda Ayam Emas yang mengangkat asal usul tambang emas Cikotok.

Baca Juga:  Dr. Muhamad Qustulani Ketua Kampus STISNU Nusantara Tangerang 2021-2026

Juara Lomba Dongeng Diskerpus Lebak Disiapkan untuk Bersaing di Tingkat Provinsi Banten

Berikut daftar juara Lomba Dongeng yang diselenggarakan Diskerpu tahun 2020: Juara Lomba Dongeng tingkat SD, Juara I diraih oleh Tegar Ikhwanusaffa dari SDN 1 Panggarangan, Juara II diraih oleh Naila Yuliandri R dari SDN Prabugantungan, Juara III diraih oleh Reshad Azar Rahman dari SDN 1 Rangkasbitung Barat, Juara Harapan I diraih oleh Windi Khoerunisa dari SDN 1 Malabar, Juara Harapan II diraih oleh Aila Alfatunnisa S dari SDN 1 Cikotok, dan Juara Harapan III diraih oleh Anisa Maharani dari SDN 2 Sukarendah.

Sementara untuk tingkat SMP, Juara I diraih oleh Dwi Herdiana Putri dari SMPN 1 Cibeber, Juara II diraih oleh Aprilia Dian R dari SMPN 2 Rangkasbitung, Juara III diraih oleh Ghania Araria FN dari SMPT Al-Qudwah, Juara Harapan I diraih oleh Sabrina Asmara dari SMPN 1 Cibeber, Juara Harapan II diraih oleh Rismasari dari SMPN 3 Rangkasbitung, dan Juara Harapan III diraih oleh Nesa Gustini dari SMPN 1 Cibadak.

Baca Juga:  Guru Sinarmas World Academy Raih Yale Educators Award 2020

Sebagai bagian dari program pembinaan Diskerpus Lebak, bagi peserta yang berhasil meraih juara I baik tingkat SD maupun SMP berhak mewakili Lebak untuk mengikuti lomba ke tingkat Provinsi Banten, dan apabila menjadi Juara I di Tingkat Provinsi Banten, peserta dilanjutkan ke Tingkat Nasional.

“Juara I juga berhak mendapatkan bimbingan dari Juri sebelum mengikuti lomba di tingkat Provinsi Banten dan Nasional,” terang Nuryakman, Kasi Perpustakaan Bidang Perpustakaan Diskerpus Lebak.

Disamping mendapatkan bimbingan dari Dewan Juri, para juara juga mendapat hadiah uang pembinaan (dipotong ) baik tingkat SD maupun SMP, sertipikat, dan piala. Berikut hadiah yang diterima para juara: Juara I mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp.3.000.000, Juara II Rp.2.500.000, Juara III Rp. 2.000.000, Juara Harapan I Rp. 1.500.000, Juara Harapan II Rp.1.000.000, dan Juara Harapan III Rp.500.000.