Beranda News

Awal Februari Commuter Line Tanah Abang-Rangkasbitung Bakal Dioperasikan

Awal Februari Commuter Line Tanah Abang-Rangkasbitung Bakal Dioperasikan
Foto: Commuter Line (ist)

, Pelitabanten.com – Jalur Kereta Rel Listrik () Jakarta hingga bakal segera dioperasikan pada 1 Februari 2017 setelah elekttrivikasi jalur kereta api Stasiun Maja-Rangkasbitung selesai. Pengoperasian KRL tersebut untuk melayani masyarakat pengguna jasa angkutan massal guna mendukung percepatan pembangunan .

Utama PT Kereta Api Indonesia Commuter Jabodetabek (KCJ) Muhammad Nurul Fadhila menjelaskan KRL menuju Rangkasbitung tersebut merupakan perpanjangan KRL lintas Stasiun Abang menuju ke Stasiun Maja.

Saat ini, aktivitas masyarakat mencapai hingga ribuan menggunakan kereta api yang bekerja di Jakarta. Karena itu, pengoperasian KRL sangat diharapkan masyarakat sebagai pengguna jasa angkutan kereta api.

“Nantinya, tidak akan ada lagi KA Lokal yang masuk ke Jakarta semua pakai commuter,” kata Fadhila saat konfrensi pers di kawasan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (11/1/2017).

Menurut data yang dihimpun pihak KCJ, dalam sehari lebih dari 5.000 penumpang menaiki kereta lokal dari Rangkasbitung.

Baca Juga:  Ananta Wahana Berkunjung ke DPD PDIP Banten Lapor Siap Nyalon DPD RI di Pemilu 2024, Begini Ceritanya

“Targetnya adalah memindahkan penumpang lokal. Rangkasbitung mengangkut 6.000 penumpang perhari, Citeras 300 sampai 350 orang. akhir relasi di sana, biasanya ke Stasiun Angke. Makanya Angke kami buka operasionalnya,” ucapnya.

Untuk waktu, pihaknya akan mengoperasikan sebanyak satu KRL. Kemudian pada bulan April, KA lokal yang notabene masih menggunakan tiket manual akan digantikan secara penuh.

Hal tersebut merupakan upaya untuk mengalihkan penumpang yang naik dari daerah Rangkasbitung menuju stasiun Angke.

Sebelumnya, penumpang dengan tujuan Rangkasbitung maupun Angke dilayani dengan lima rangkaian kereta lokal (nonlistrik). “Dengan beroperasinya satu rangkaian KRL Commuter Line di Rangkasbitung maka jumlah kereta lokal yang beroperasi akan berkurang menjadi empat rangkaian, kami berharap akan bisa digantikan ke KRL semua secara bertahap,” kata Fadhila.

Berikut empat relasi perjalanan yang akan dibuka PT KCJ:
1. Stasiun Rangkasbitung-Angke berangkat pukul 04.50 WIB
2. Stasiun Angke-Rangkasbitung berangkat pukul 08.10 WIB
3. Stasiun Rangkasbitung-Angke berangkat pukul 08.25 WIB
4. Stasiun Angke-Rangkasbitung berangkat 15.10 WIB.

Baca Juga:  Konsistensi Gerakan Anti Narkoba dan Seks Bebas di Kalangan Anak Muda Rangkasbitung