Beranda News

Nakes Kota Tangerang Mulai Divaksin Covid-19

Nakes Kota Tangerang Mulai Divaksin Covid-19
Penyuntikan Vaksin SiNovac kepada Para Tenaga Kesehatan Kota Tangerang. Minggu, (24/1). Foto Ahmad Syihabudin Pelitabanten.com

, Pelitabanten.com, Minggu 24 Januari 2021 melaksanakan tahap pertama yang dilakukan kepada para (Nakes).

Kepala (Dinkes) Kota Tangerang, dr Liza Puspadewi menjelaskan proses pendaftaran vaksinasi hingga selesai.

Hal ini pun sudah sesuai dengan petunjuk teknis yang diberikan Kementerian Kesehatan (kemenskes) RI.

dr Liza mengungkapkan, calon penerima yang mendapatkan short Message Service (SMS) dan sudah mendaftar melalui aplikasi, melakukan registrasi dan pencatatan.

“Meja registrasi untuk semua tenaga kesehatan yang sudah terdaftar disistem informasi sumber daya kesehatan, kemudian setelah di check apakah sesuai dengan data yang ada dengan data base,” kata dr Liza saat ditemui Pelitabanten.com di Dinkes Kota Tangerang, Minggu (24/1/2021)

Selanjutnya, penerima vaksin akan dilakukan pemeriksaan kesehatan. Tujuannya untuk mengetahui ada riwayat penyakit yang di derita.

Baca Juga:  Ananta Wahana Anggota DPR RI Apresiasi BUMN Berperan Vital dalam Pemulihan Ekonomi Nasional

“Lalu dilakukan screaning dan dilakukan pemeriksaan kesehatan, antara lain pemeriksaan tekanan darah, melakukan tensi sekaligus kita melaksanakan pemeriksaan – pemeriksaan untuk panyakit tidak menular,” tuturnya.

“Proses penyuntikan dilakukan setelah dinyatakan aman terhadap si penerima, vaksinasi dengan vaksin covid-19 sinovac yang kami dapatkan saat ini,” sambungnya.

Liza menambahkan setelah penyuntikan, penerima vaksin menunggu selama 30 menit untuk memastikan tidak ada reaksi spontan setelah vaksinasi seperti mual, pusing atau alergi.

“Terakhir observasi, dimana sasaran akan diobservasi sebanyak 30 menit antara lain akan diperiksa nadinya selama 10 menit artinya kalau 30 menit, akan diperiksa sebanyak 3 kali 10 menit toolsnya untuk mengetahui terjadi metabolisme yang tidak diinginkan, pada 30 menit pertama itu kita sudah bisa mendeteksi apakah ada kejadian pasca imunisasi setelah vaksinasi. Apabila penerima vaksin muncul reaksi tersebut, akan dilakukan penanganan lebih lanjut. Bila kondisi penerima vaksin stabil, diperbolehkan pulang,” paparnya.

Baca Juga:  Kemendagri Dorong Proses Pengadaan Barang dan Jasa Lebih Transparan Lewat SE bersama LKPP

dr Liza berharap vaksinasi tahap pertama ini, dapat berjalan lancar. Dan seluruh di Kota Tangerang sepenuhnya sudah tervaksinasi Covid-19.

vaksinasi atau vaksinator ada 565 orang yang sudah dilatih, mudah-mudahan vaksinasi berjalan lancar. Setelah tenaga medis tervaksinasi, tahap selanjutnya vaksinasi ke ,” tutupnya.

Sebagai informasi, Pemerintah Kota Tangerang di tahap pertama ini telah menerima sebanyak 22.280 dosis vaksin. Dengan prioritas diberikan untuk tenaga medis.