Beranda News

113 Jamaah Asal Kota Tangerang Belum Melunasi Biaya Haji, Ini Penjelasannya

113 Jamaah Asal Kota Tangerang Belum Melunasi Biaya Haji, Ini Penjelasannya
H. Syamsudin, Kepala Kementerian Agama Kota Tangerang. Foto Pelitabanten.com

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Kementerian Agama Republik Indonesia memperpanjang waktu pelunasan keberangkatan bagi calon diberbagai daerah hingga tanggal 12 Mei mendatang.

Diketahui, pada musim tahun ini Kementerian Agama () Kota Tangerang akan memberangkatkan sebanyak 1.651 jamaah.

“Dari pusat ada perpanjangan sampai Jumat tanggal 12 Mei 2023 mendatang, karena memang ada sebagian jamaah yang seharusnya melunasi belum melunasi, maka diperpanjang,” kata Kepala Kementerian Agama Kota Tangerang, H. Syamsudin ditemui Pelitabanten.com usai memberikan bimbingan di Kecamatan . Selasa (9/5/2023).

Menurutnya, tercatat dari kuota 1.651 jamaah asal kota Tangerang, sebanyak 113 calon jamaah belum melunasi biaya haji yang telah ditentukan pusat.

“Bagi jamaah calon haji yang belum melunasi hingga tanggal yang sudah ditentukan, maka akan digantikan dengan jamaah cadangan dengan catatan sudah melunasi. Jadi, calon jamaah haji cadangan juga di harapkan untuk segera melakukan pelunasan,” tuturnya.

Baca Juga:  Soal Kesiapan Asrama Haji Kota Tangerang, Tunggu Pihak Imigrasi, Bea Cukai dan KKP

Dikatakan Syamsudin, secara nasional Kemenag RI di tahun ini mendapatkan penambahan sebanyak 8.000 kuota haji  dari pemerintah Arab Saudi. Namun dirinya  belum dapat merinci berapa kuota yang akan didapat untuk kota Tangerang.

“Informasi dari pusat ada penambahan kuota sekitar 8.000 jamaah bagi Indonesia. cuma memang kita belum dibagi untuk Provinsi penambahan kuotanya, dalam waktu dekat akan diumumkan,” jelas Dia.

Lebih jauh Syamsudin menyebutkan pada musim haji 2023 masehi/ ini kuota calon jamaah haji asal Indonesia mencapai 100 persen dan didominasi oleh calon jamaah lanjut usia (lansia). Maka petugas haji yang ditunjuk oleh Kementerian agama pun jumlahnya lebih banyak.

“Jamaah haji asal kota Tangerang tercatat paling tua berusia 92 tahun, bahkan di provinsi Banten ada yang sampai 100 tahun,” ujarnya.

Kepala Kemenag Kota Tangerang ini berharap pelaksanaan haji pada tahun ini dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar, kembali ke tanah air dengan selamat menjadi haji yang Mabrur.

Baca Juga:  Haji Mabrur dan Mabruroh, Selamat Datang Jamaah Haji Kota Tangerang