Beranda News

14-15 Oktober 2023, Festival Mookervaart Digelar di Taman Hutan Kota Tangerang

14-15 Oktober 2023, Festival Mookervaart Digelar di Taman Hutan Kota Tangerang
Rizal Ridholoh, Kepala Disbudpar Kota Tangerang. Foto Pelitabanten.com (Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com di Kota Tangerang, Dinas Kebudayaan dan (Disbudpar) Kota Festival Mookervaart, selama dua Sabtu 14 Oktober hingga Minggu 15 Oktober 2013 bertempat di Taman Hutan Kota Tangerang.

Festival Mookervaart ini dibuka langsung oleh Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah, sekaligus launching Sarapan di Hutan Kota Tangerang.

Kepala Disbudpar Kota Tangerang, Rizal Ridolloh menjelaskan bahwa Festival Mookervaart ini merupakan acara tahunan yang sebelumnya sudah dilaksanakan pada tahun 2022 sebagai memperkenalkan sejarah dan kebudayaan di Kota Tangerang yaitu Kali Mookervaart beserta pintu airnya.

“Kali Mookervaart ini dibangun dari tahun 1678 sampai 1689, dipergunakan untuk mengalirkan sepertiga aliran Sungai dan menghubungkannya dengan kanal-kanal di Kenal Batavia untuk menambah suplai air serta mengendalikan . Sejarah seperti itulah yang perlu kita berikan kepada masyarakat Kota Tangerang. Tidak hanya bertujuan untuk mengenalkan tapi juga dapat melestarikan,” jelas Rizal.

Baca Juga:  Rayakan HUT Kota Tangerang, Kecamatan Cipondoh Hadirkan Pelayanan Hari Sabtu

Festival diisi dengan berbagai kegiatan didalamnya antara ini, batik, pameran lukis, lomba melukis, , papadangan bareng, aksi bersih-bersih, kemah budaya, dan berbagai penampilan Kota Tangerang dan terbuka untuk umum.

“Semoga kedepannya masyarakat Kota Tangerang dapat melestarikan dan merawat kebudayaan di Kota Tangerang hingga cucu, cicit. Karena kalau bukan kita siapa lagi yang akan melestarikannya,” kata Rizal

Warga Kota Tangerang, Yenny menyebutkan jika Festival Mookervaart yang digelar saat ini sangat bermanfaat bagi dirinya dan warga Kota Tangerang khususnya. Terlebih, Yenny merupakan salah satu pengisi acara sanggar tari yang ada di Kota Tangerang.

“Festival Mookervaart adalah tempat dimana para seniman mengungkapkan ekspresinya. Apalagi, anak-anak yang menari kesenian Kota Tangerang sangat senang bisa langsung ditonton Walikota Tangerang dan pengunjung,” ujarnya.