Beranda News

44 DPD/DPC Masyarakat Sadar Wisata (MASATA) Se-Indonesia Resmi Dilantik

44 DPD/DPC Masyarakat Sadar Wisata (MASATA) Se-Indonesia Resmi Dilantik
DPC MASATA Lebak tengah mengikuti acara pelantikan yang dilaksanakan secara daring, Sabtu (3/10/2020).

Lebak, Pelitabanten.com – Dewan Penguru Cabang (DPC) MASATA Lebak menjadi bagian dalam acara pelantikan 44 DPD/DPC MASATA se-Indonesia masa bakti 2020-2025 oleh Dewan Pengurus Pusat (DPP) MASATA yang dilakukan secara (daring) melalui Zoom Meeting, pada Sabtu (3/10/2020).

MASATA merupakan sebuah organisasi non profit yang memiliki visi untuk menjadikan masyarakat Indonesia mensyukuri nikmat dan rahmat Tuhan Yang Maha Esa yang telah menganugerahkan kekayaan alam yang indah dengan menjadikan sebagai bagian yang bermakna dalam kehidupan sehari-hari bagi pemerintah, sektor swasta dan masyarakat Indonesia.

Visi MASATA: Menjadi organisasi pelaku, pemerhati dan pencinta pariwisata Indonesia yang berkompeten dalam mendukung pariwisata berkelanjutan di Indonesia. Dan misinya, yaitu: (1) Memberikan kontribusi nyata untuk mendukung sektor pariwisata menjadi penyumbang devisa terbesar bagi Indonesia; (2) Memajukan pariwisata berbasis masyarakat dalam meningkatkan harkat, martabat, dan khususnya daerah tujuan wisata di tingkat provinsi, kabupaten, dan kota;

Baca Juga:  Kadispar Lebak Apresiasi MASATA Menggelar FGD Strategi Reaktivasi Pariwisata Nusantara

(3) Membangun desa, kawasan, dan destinasi wisata dalam peningkatan masyarakat; (4) Sebagai narahubung dalam kepentingan kementerian dan lembaga antar pusat dan daerah khususnya dalam bidang pariwisata serta ekonomi kreatif, dan (5) Membangun dan kolaborasi antar asosiasi/ organisasi/ perkumpulan pariwisata di tingkat pusat dan daerah.

Dalam sambutannya, DPP MASATA Panca R. Sarungu mengajak seluruh pengurus MASATA, baik DPD maupun DPC untuk membangun pariwisata di daerah masing-masing, salah satunya adalah membangun desa wisata.

Ketua DPC MASATA Lebak Manik Premanik Nurman, S.IP mengatakan, setelah resmi dilantik, bersama seluruh jajaran pengurusnya siap berkontribusi pada sektor pariwisata di Kabupaten Lebak.

“Alhamdulillah, hari ini DPC MASATA Lebak telah resmi dilantik dan siap berkontribusi pada sektor pariwisata di Kabupaten Lebak,” ujar Ketua DPC MASATA Lebak via Whatsapp.

Baca Juga:  Tingkatkan Kapasitas Teknik Kedaruratan, BPBD Provinsi Banten Selenggarakan Pelatihan Bagi Satgas

Dikatakan bahwa setelah pelantikan tersebut, Ketua DPC MASATA Lebak merencanakan Musayawarah Kerja untuk merumuskan dan menyusun program kerja dengan utamanya adalah menyusun langkah upaya untuk turut serta memajukan pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Tentunya kami selanjutnya akan bermusyawarah untuk merumuskan program kerja dimana tujuan utama dari program tersebut adalah memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Lebak,” ujarnya.

Turut hadir dalam acara pelantikan tersebut Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata dan Ekonimi Kreatif, Wisnu Bawa Tarunajaya yang memberikan dan dukungannya kepada seluruh pengurus dari DPP, DPD, dan DPC MASATA se-Indonesia.

Berikut adalah susunan DPC MASATA Lebak masa bakti 2020-2025: Pembina dan Pendukung Oraganisasi, Dinas Pariwisata Kabupaten Lebak; Ketua: Manik Premanik Nurman, Wakil Ketua: Budi Harsoni, Sekretaris: Putuh Komarullah, Andika Rahman, Bendahara: Amelia, Agus Solihin, Bidang Penelitian dan Pengembangan: Ukan Ujang Supandi, Sukmadi Jaya Rukaman, Bidang Penguatan Hukum dan HAM: Teguh, SH, Hellyndani, S.Pd,

Baca Juga:  Kecelakaan di Jl. Hasanudin Batu Ceper, Korban Meninggal Dunia

Bidang Informasi dan Hubungan Masyarakat: Desi Rahmawati, Lutfi Sofyandiana, Bidang Usaha dan Dana: Winda Tri M, S.Kom, Deden, Wawan, Bidang Pemberdayaan Komunitas Pariwisata dan UMKM: Deti Widiyati, S.Pd, Ridho Rahmatullah, Bidang Pelestarian Budaya dan Pariwisata Berkelanjutan: Eris Salman, Eros Masruroh, S.IP, Bidang Kebersihan, dan Keselamatan: Robby Hairul, Agi.*