Beranda News

Ada Gerhana Matahari di Dalam Kardus Bekas Coklat

Ada Gerhana Matahari di Dalam Kardus Bekas Coklat

, Pelitabanten.com – Fenomena Gerhana total yang terjadi pada Rabu pagi (/3/2016) mewarnai wilayah Indonesia pada umumnya, tidak terkecuali di wilayah Tangerang, . Moment langka dan jarang terjadi ini, banyak dimanfaatkan para penghuni bumi untuk mengamati detik per detik pergerakan bulan yang menutupu matahari secara total. Berbeda dari kebanyakan, anak-anak di kecamatan , tepatnya di jalan KH Agus Salim Gg Sawo I Plawad Kota Tangerang, ikut mengamati Gerhana Matahari dengan menggunakan kotak kardus bekas coklat batangan yang dilapisi kertas aluminium foil untuk melihat Gerhana Matahari.

Menurut Isti, Ilmu cara melihat Gerhana didapat dari sekolahnya. Dengan alat sederhana ini, bentuk Matahari yang bulat terlihat ditutupi oleh bentuk Bulan yang bulat juga. Dan pantulan Matahari pun dapat dilihat di dalam kardus, berbentuk bulan sabit.

“Ini Mataharinya keliatan di dalam kardus. Mataharinya ditutupi bulan”, jelas Isti, Poris Plawad, Tangerang, Rabu (9/3/2016)

Baca Juga:  Tradisi Hari Raya Idul Fitri di Kampung Poris Plawad

Ada Gerhana Matahari di Dalam Kardus Bekas CoklatBerkat keterampilannya merancang kardus bekas coklat dilapisi kertas aluminium foil ini, anak-anak mulai berkumpul ikut menyaksikan fenomena alam Gerhana Matahari. Tidak hanya bagi anak-anak saja, Ibu dua anak, Vita Raudoh, ikut terlibat menjadi saksi sejarah atas kejadian tersebut.

“Ini fenomena alam langka yang tidak lepas dari kebesaran Allah SWT, dalam menciptakan alam semesta yang indah ini. Kejadian ini dapat dijadikan pelajaran berharga pula untuk anak-anak di masa yang akan datang, kelak mereka dewasa nanti”, jelas Vita Raudoh.

Ada Gerhana Matahari di Dalam Kardus Bekas CoklatTidak hanya dengan media kardus beraluminium foil saja, kamera handphone pun dapat menangkap jelas gambar matahari yang berbentuk bulan sabit pada pantulan cahaya berwarna merah.

“Pake kamera handphone juga bisa, itu ada gambar matahari di lingkaran berwarna merah. Ini asli loh, bukan hasil editing ”, kata Ibu yang memiliki dua putra Ghalib Ridho Ramadhan dan Jabal Thoriq.

Baca Juga:  Warga Antusias Hadiri Musrenbang Kelurahan Lengkong Karya