Beranda News

Akademisi dan WALHI Sepakat Sebut Penanganan TPA Rawa Kucing Tercepat dari Daerah Lain

Akademisi dan Walhi Sepakat Sebut Penanganan Kebakaran TPA Rawa Kucing Tercepat dari Daerah Lain
Bambang Kurniawan, Akademisi Yupentek Tangerang. Foto Pelitabanten.com (Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com –  dari Yuppentek Tangerang, Bambang Kurniawan menyatakan dirinya sepakat bahwa Kota Tangerang salah satu daerah dalam penanganan tercepat dibandingkan daerah lain dengan kasus sama.

Ia pun membandingkan dengan , yakni kebakaran TPA Sarimukti dengan luasan 25 hektare saja membutuhkan penanganan sekitar satu bulanan.

“Saya mengkaji, penanganan yang sangat cepat ini hasil dari koordinasi yang cukup ketat, terlebih pimpinan tertinggi yang benar-benar ikut di setiap strategi penanganannya,” katanya.

Lanjutnya, Bambang berkata, mungkin Kota Tangerang cukup dengan kasus kebakaran di TPA daerah lain yang lebih dulu terjadi. Mengingat, cukup TPA di Indonesia yang tengah mengalami hal serupa yakni kebakaran di .

“Hebat dan salut untuk Kota Tangerang, seluruh potensinya benar-benar dikerahkan, mulai dari jajaran pemerintahnya, pihak swasta, hingga relawan seperti Tagana saja benar-benar dilibatkan. Kini, tinggal diperkuat antisipasinya, agar hal ini tidak terulang,” tukas Bambang.

Baca Juga:  Kelelahan hingga Larut Malam, Ratusan Petugas Berjibaku Padamkan Api di TPA Rawa Kucing
Akademisi dan Walhi Sepakat Sebut Penanganan Kebakaran TPA Rawa Kucing Tercepat dari Daerah Lain
Dwi Sawung, Manager WALHI

Bahkan di sisi lain, Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) menyebut strategi penanganan kebakaran Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing, Kota Tangerang cukup cepat, dan apresiasi dengan segala penanganannya.

Dikatakan Walhi Kota Tangerang yang tergolong daerah paling terakhir mengalami kebakaran, tapi penanganannya tergolong paling cepat terlihat progresnya.

“Kebetulan saya lagi di Bandara Soekarno Hatta dan melihat kondisi kejauhan , dan memang terus memantau kondisinya sejak awal dengan daerah-daerah lainnya, yang TPA nya juga kebakaran. Kota Tangerang tergolong paling akhir, tapi malah terlihat lebih cepat,” Dwi Sawung, Manager Kampanye Infrastruktur dan Tata Ruang, WALHI, saat dihubungi, Rabu (25/10/23).

Lanjutnya, penanganan kebakaran TPA yang tengah terjadi di wilayah lain, harus seperti Kota Tangerang. Yakni, penanganan yang cepat, perbantuan yang datang juga cepat, terpenting koordinasi banyak pihak yang kuat.

Baca Juga:  Wali Kota Tangerang Himbau Masyarakat Sholat Idul Fitri dan Silaturahmi dari Rumah

“Terlepas kebakaran TPA Rawa Kucing berdekatan dengan Bandara Soetta, sehingga harus dipercepat atau apa pun itu. Harusnya, penanganan daerah lain, juga harus bergerak cepat dengan strategi yang benar, seperti Kota Tangerang,” tambahnya.

“Daerah lain, saya lihat kendalanya ialah keterbatasan atau kesulitan sumber air, dan teknik pemadaman yang salah. Saya rasa, dekatnya menjadi nilai kuat dalam percepatan penanganan TPA Rawa Kucing,” katanya.