Akademisi Suwaib Amiruddin Soroti Bakal Calon Bupati Lebak Pada Pilkada 2024

LEBAK, Pelitabanten.com – Pemilihan Bupati (Pilgub) Lebak 2024 rencananya digelar pada 27 November 2024 untuk memilih bupati lebak periode 2024-2029 bersamaan dengan pilkada serentak seluruh Indonesia. Berbagai kalangan masyarakat telah memperbincangkan bakal calon peserta pilkada tersebut siapa yang pantas menggantikan Bupati Petahana Iti Octavia Jayabaya yang tidak dapat mengikuti pemilihan ini lagi, karena sudah menjabat Bupati Lebak selama dua periode sejak 15 Januari 2024.

Deretan nama-nama bakal calon pada Pilbup Lebak yang telah beredar di masyarakat dan media sosial diantarnya Adde Rosi Khoerunnisa Anggota DPR-RI, Mochamad Hasbi Asyidiki Jayabaya  Anggota DPR-RI, Ade Sumardi Wakil Bupati Lebak, Vivi Sumantri Jayabaya, Junaedi Ibnu Jarta Wakil Ketua DPRD Lebak,Iip Makmur, Oong Syahroni Anggota DPRD Banten.

Menanggapi hal tersebut, Sosiolog Untirta Prof. Suwaib Amiruddin,MSi mengatakan perihal bakal calon yang akan maju di pilkada Lebak mayoritas berasal dari kader partai yang telah menjabat sebagai anggota legislatif. “Calon Bupati Lebak dari setiap periode pilkada pesertanya tidak jauh dari nama-nama yang sudah menjadi petinggi partai di daerah. Saya kira untuk membuka kontestan yang bisa berpeluang mendapatkan pemimpin yang mewakili semua potensi unsur masyarakat perlu dilakukan forum-forum  untuk membuka peluang calon yang berasal dari luar partai yang memiliki kapasitas” Katanya (14/02).

Dia mengungkapkan meski demikian menurutnya akhir-akhir ini muncul beberpa nama yang  sebagai kandidat calon bupati lebak dari kalangan pengusaha dan anak muda.”Muhamad Nabil Jayabaya, Moch. Farid Darmawan, Sulton yang semuanya mereka dari kalangan pengusaha dan anak muda” ujarnya.

Suwaib berharap dalam sisa waktu menjelang pelaksanaan pilkada bisa muncul nama-nama tokoh Lebak yang bisa tampil untuk mengikuti kontestasi bakal calon pilkada lebak.”Kita perlu dorong ya kaitanya dengan calon bupati lebak agar semua unsur mewarnai pilkada yang harapanya bisa menghasilkan pemimpin yang mampu membawa lebak lebih baik” pungkasnya.