Beranda News

Amolengo-Labuan Harapan Masyarakat Sulawesi Tenggara

Amolengo-Labuan Harapan Masyarakat Sulawesi Tenggara
Foto: Istimewa

JAKARTA, Pelitabanten.com – Beberapa waktu lalu tepatnya 20 Feb 2016, Menteri Perhubungan melakukan peresmian dua pelabuhan di , yaitu Pelabuhan Amolengo yang terletak di Kabupaten Konawe dan Pelabuhan Labuan di Kabupaten Buton Utara. Pada waktu bersamaan Menteri Perhubungan juga meresmikan pengoperasian kapal penyebrangan penumpang Ro-Ro 711 GT KMP Bahteramas II yang menjadikan penghubung kedua wilayah tersebut sebagai yang baik antar pulau sesuai visi misi Presiden Jokowi yang tertuang pada Nawa Cita.

Dua pelabuhan yang menghubungkan dua pulau di Sulawesi Tenggara tersebut, direncanakan pembangunannya untuk mempercepat perjalanan dari Kabupaten Konawe menuju ke Kabupaten Buton Utara, begitupun sebaliknya, itu terbukti dimana sebelum dua pelabuhan itu dibangun perjalanan dapat menghabiskan waktu sekitar dua setengah jam, dan kini penyebrangan hanya menghabiskan waktu tiga puluh menit.

Penyebrangan  Amolengo-Labuan sebelumnya berawal dari perahu-perahu kecil yang dikelola secara pribadi oleh masyarakat setempat, akan tetapi tingkat keamanannya sangatlah minim sekali dan ongkos penyebrangannya cukup tinggi, namun setelah kedua pelabuhan di resmikan masyarakat benar-benar merasa terbantu. Salah satu penumpang kapal perintis yang menuju Buton Utara, yaitu Wakil Ketua DPRD Buton Utara, Nursalam Lada menyampaikan bahwa manfaatnya sangat dirasakan oleh masyarakat di kedua pulau tersebut,  selain waktu yang lebih harganya bisa lebih murah, Senin, (21/3).

Baca Juga:  Tangsel Setor Pajak Pusat Semester 1 Sebesar Rp 36, 8 Miliar

Amolengo-Labuan Harapan Masyarakat Sulawesi Tenggara

Harga yang makin terjangkau membuat masyarakat sangat sangat terbantu, sebelumnya satu penumpang dewasa harus membayar tiket sebesar 30.000 , dan kini hanya 12.000 Rupiah, satu roda dua yang sebelumnya 100.000 Rupiah kini hanya 18.000 Rupiah hingga kendaraan roda empat kini hanya 165.000 Rupiah, itupun tanpa harus bersandar di beberapa pulau seperti sebelum dibangunnya pelabuahan Amolengo-Labuan.

Sinergi Kementerian Perhubungan dengan Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara berjalan dengan baik, diresmikannya pelabuhan dan pengoperasian kapal perintis telah juga pembangunan jalan raya dari Ibu Kota Kendari menuju ke pelabuhan Amolengo.

Amolengo-Labuan Harapan Masyarakat Sulawesi Tenggara

Konektivitas antar pulau di Sulawesi Tenggara, antara Pelabuhan Amolengo dan Pelabuhan labuan mendorong perputaran setempat menjadi lebih baik, aktivitas pengiriman kebutuhan pokok yang saling mendukung di kedua pulau bisa lebih cepat serta dapat menekan tingkat inflasi daerah sesuai dengan keinginan masyarakat yang telah direalisasikan oleh Pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla melalui salah satu kinerja Kementerian Perhubungan. Laege, Pria yang berprofesi sebagai pedagang yang ikut dalam penyebrangan KMP Bahteramas II saat menuju Buton Utara, Senin (21/3), menyampaikan harapannya agar penyebrangan bisa lebih sering dilakukan, yang pada saat ini hanya dua kali penyebrangan keberangkatan dan itu pun sudah sangat membantu aktivitas para pedagang-pedagang kecil.

Baca Juga:  Direktorat Mega Proyek Pengolahan dan Petrokimia Berpotensi Jadi Bancakan

Dengan telah diresmikannya pelabuhan dan pengoperasian kapal perintis oleh melalui Kementerian Perhubungan, selanjutnya pelabuhan  dikelola oleh Dinas Perhubungan Dan Kominfo Provinsi Sulawesi Tenggara, sedangkan kapal-kapal perintis yang beroperasi dikelola oleh pihak Angkutan Sungai Danau Dan Perairan (ASDP) setempat, yang merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam jasa angkutan penyeberangan dan pengelolaan pelabuhan penyeberangan untuk penumpang.