Beranda News

Apel Hari Bela Negara, Sachrudin Jelaskan Sejarah Awal Bela Negara

Apel Hari Bela Negara, Sachrudin Jelaskan Sejarah Awal Bela Negara
Pimpin Apel Hari Bela Negara, Sachrudin Jelaskan Sejarah Awal Bela Negara. Foto Pelitabanten.com (Dok.Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com Kota Tangerang gelar dalam rangka memperingati Hari ke-71 tahun 2019, biasa diperingati pada tanggal 19 setiap tahunnya.

Wakil , dalam sambutannya saat apel menjelaskan tentang sejarah awal mula diperingatinya Hari Bela Negara di awal masa – masa kemerdekaan Republik Indonesia.

“Awalnya pada tanggal 19 Desember 1948 saat Syafroedin Prawiranegara mendirikan Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI),”papar Sachrudin, dalam apel pagi yang berlangsung di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Jumat (20/12/2019).

“Tujuannya untuk membela kelangsungan hidup bangsa dan negara, serta menjadi eksistensi NKRI,”jelas Wakil.

Apel Hari Bela Negara, Sachrudin Jelaskan Sejarah Awal Bela Negara

Dirinya, menyampaikan tentang amanat bahwa perang yang terjadi di era modernisasi bukan hanya sekedar perang militer, melainkan peperangan yang menyangkut seluruh aspek kehidupan masyarakat.

“Perlu adanya peran dari seluruh komponen bangsa demi kelangsungan dan keutuhan NKRI,” tukasnya.

Baca Juga:  Buku "Pedoman Desa Wisata Tahun 2021": Bentuk Sinergitas Pemerintah Pusat dan Daerah Membangun Desa

Sebagai bukti aksi Bela Negara yang dilakukan, lanjut Wakil, bela negara harus disesuaikan dengan kondisi kekinian yang dihadapi masyarakat secara umum dan dilandasi sinergi yang baik antar pemangku yang dimulai dari wilayah Kota Tangerang.

“Sebagai ASN, bela negara juga bisa dilakukan dengan memberikan yang paripurna kepada masyarakat sesuai tugas kita selaku pelayan masyarakat,”pungkasnya.