Beranda News

Berantas Aedes Aegypti, PMI Kota Tangerang Fogging Perumahan Warga

Berantas Aedes Aegypti, PMI Kota Tangerang Fogging Perumahan Warga
Fogging Dilakukan di Perumahan Bugel Mas, Kelurahan Bugel Kecamatan Karawaci Kota Tangerang. Foto Pelitabanten.com

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com — Mengantisipasi merebaknya penyakit Demam Berdarah Dengue () PMI Kota Tangerang melakukan tentang gerakan 3M Plus dan penyemprotan Fogging. Selasa, (9/03/2021).

Dengan sasaran rumah-rumah berada di wilayah perumahan Bugel Mas, Bugel Karawaci Kota Tangerang.

Fogging dilakukan untuk memberantas jentik nyamuk Aedes Aegypti yang merupakan penyebab penyakit DBD.

Langkah ini diambil ketua Bidang Komunikasi dan Publikasi PMI Kota Tangerang Andri S Permana, lantaran di wilayah RW 6 Perumahan Bugel Mas sudah ada yang diduga terkena penyakit DBD.

“Kegiatan fogging ini atas permintaan masyarakat, setelah sejumlah warga di kawasan perumahan ini diketahui menjadi gigitan nyamuk pembawa virus dengue, dan kali ini kami laksanakan di wilayah perumahan Bugel Mas Kelurahan Bugel ,” ujar Andri Permana.

Langkah dilakukan pengurus PMI Kota Tangerang, Lanjut Andri, lantaran dibeberapa Kelurahan dan Kecamatan sudah ada beberapa warganya yang kena DBD, dengan gejala-gejalanya seperti meriang, bintik-bintik di bagaian tubuh dan badan yang terasa ngilu.

Baca Juga:  Sriwijaya Air SJ182 Jatuh, PMI Kota Tangerang Cek Kesehatan Tim SAR

kata dia, PMI Kota Tangerang juga sudah berkordinasi dengan puskesmas setempat. Andri pun mengajak masyarakat untuk bersama-sama, mulai dari keluarga dan lingkungan untuk menggalakkan hidup bersih dan sehat.

“Jaga kebersihan lingkungan dari air tempat berkembangan nyamuk, begitupun di dalam rumah warga harus melakukan gerakan 3M (Menguras, Menutup dan Mengubur),” jelasnya.

Menurutnya, 3M sendiri merupakan cara ampuh untuk menekan angka penyebaran penyakit demam berdarah dengue ( DBD) di Indonesia.

Selanjutnya, Junaedi Lurah Bugel Mas juga mengatakan, kegiatan menguras serta membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air harus sering dilakukan warga.

Junaidi menyarankan, untuk memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penyebab demam berdarah.

“3M Plus-nya yaitu kegiatan pencegahan DBD lainnya, seperti Menaburkan bubuk larvasida (lebih dikenal dengan bubuk abate) pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan,” katanya.

Baca Juga:  Pembangunan Kota Serang Harus Terkonsep

Sementara, Endra Gunawan Ketua RW 06 Perumahan Bugel Mas, menyambut baik kegiatan fogging yang dilakukan PMI Kota Tangerang.

Menurut dia, upaya pencegahan penyakit DBD perlu dilakukan, agar masyarakat tidak terjangkit penyakit DBD.

“Pemberantasan sarang nyamuk dengan cara di fogging adalah upaya pencegahan virus BDB. Kami ucapkan terimakasih dan semoga PMI terus bermanfaat untuk orang banyak,” tukasnya.