Beranda News

Cegah Kanker Serviks, TP-PKK Lebak Gelar Pemeriksaan Skrining IVA

Cegah Kanker Serviks, TP-PKK Lebak Gelar Pemeriksaan Skrining IVA
ilustrasi

LEBAK, Pelitabanten.com – Berbeda dengan kanker yang bisa diketahui dari salah satu gejala berupa benjolan, kanker serviks lebih sulit dideteksi. Makanya tak heran kalau penyakit ini sering disebut “pembunuh dalam senyap”.

Kanker serviks adalah kanker yang tumbuh dan berkembang pada leher rahim wanita. Leher rahim atau serviks adalah bagian dari saluran reproduksi wanita yang menghubungkan vagina dengan rahim atau uterus. Guna mencegah penyakit kanker serviks tersebut, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP- ) Kabupaten Lebak menggelar pemeriksaan inspeksi visual asam asetat (IVA) bagi kaum perempuan. Dengan diberikannya alternatif metode IVA ini, dapat meningkatkan hidup sehat kaum perempuan.

“Sebetulnya, penyakit kanker serviks yang menyerang kaum perempuan bisa dilakukan melalui pemeriksaan deteksi dini cakupan skrining IVA,” kata Ketua TP-PKK Kabupaten Lebak Ani Sumardi saat sosialisasi IVA Test di Bandung Kecamatan Cikulur, Lebak, Minggu (1/10/2017)

Baca Juga:  Waspada Virus Corona, Pemkot Tangerang Terapkan SKDR

TP-PKK Lebak menggelar selama dua bulan melakukan pemeriksaan deteksi dini skrining IVA untuk mencegah penyakit kanker serviks tersebut Pihaknya menargetkan sebanyak 3.000 perempuan, namun realisasinya hingga 4.000 orang.

“Kami menggelar deteksi dini kanker serviks itu di 28 kecamatan dan terbukti angka IVA cukup tinggi,” katanya.

Menurut Ani, pihaknya mendorong dapat menangani kaum perempuan yang teridentifikasi IVA positif bisa dilakukan pencegahan. Apabila, tidak segera dilakukan penanganan serius tentu bisa menimbulkan penyakit kanker serviks. Apalagi, kanker serviks Stadium IV cukup berbahaya dan banyak penderita yang dunia.

“Kami yakin kanker serviks itu bisa dicegah melalui deteksi dini pemeriksaan skrining IVA itu,” ujarnya.

Ia mengatakan, para penderita kanker serviks jangan sampai panik dan sedih dan sebaiknya rutin melakukan terapi sesuai anjuran tenaga medis. Sebab, penyakit kanker serviks itu bisa dicegah dengan pemerksaan IVA test. “Kami berharap kaum perempuan khusus pasangan usia subur (PUS) bisa mencegah kanker serviks,” katanya.

Baca Juga:  NUO Terbitkan Panduan Praktis Beribadah Selama Wabah Covid-19