Dies Natalis Ke-38 Fakultas Pertanian Untirta Digelar Meriah

Pelita Banten.Com-Civitas akademik Fakultas Pertanian Universitas Sultan Ageng Tirtayasa merayakan dies natalis ke- 38 pada 31 agustus 2022. Acara diawali dengan rapat senat terbuka Fakultas Pertanian yang dihadiri oleh segenap civitas dan para undangan salah satunya Prof. Dr. Sholeh Hidayat, M.Pd (Rektor Untirta 2011 – 2019). Sidang senat terbuka berlangsung khidmat, Dekan Faperta Ibu Prof. Dr. Ir. Nurmayulis, MP menyampaikan pidato terkait beberapa capaian Faperta yang sudah diraih hingga hari jadinya yang ke-38 pada tahun 2022.

Ibu Dekan Faperta dan Bapak Wakil Rektor bidang 1 Dr. H. Agus Sjafari, S.Sos., M.Si.secara simbolis melakukan pemotongan pita pertanda rangkaian kegiatan Dies Natalis 38 Faperta Untirta di Buka.

Rangkain kegiatan selanjutnya yaitu ceremony pembukaan beberapa rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan dies natalis ke-38 Faperta tahun ini. Beberapa kegiatan tersebut diantaranya : Expo Hasil Hilirisasi Riset Faperta, Festival Durian Lokal Terbaik Banten, Lomba Poster Hilirisasi Riset dosen/ mahasiswa Faperta dan Lomba – Lomba tradisional. Ceremony pembukaan rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-38 di laksanakan dengan simbolis pemotongan pita yang dilakukan bersama oleh Ibu Dekan Faperta dan Bapak Wakil Rektor bidang 1 Dr. H. Agus Sjafari, S.Sos., M.Si.

Expo hasil hilirisasi riset faperta booth yang disediakan tentunya di isi oleh stand dari 5 jurusan yang berada di Faperta diantaranya Agribisnis, Agroekoteknologi, Ilmu Perikanan, Ilmu Teknologi Pangan dan Ilmu Kelautan. Booth juga banyak di isi oleh para stake holder bidang pertanian diantaranya PT. East West Seed Indonesia, PT. Abi Nisa Sejahtera dan beberapa unit bisnis dibawah binaan Business Center Faperta. Beberapa Instansi kolega juga ikut mengisi booth expo diantaranya BBP Mekanisasi Pertanian, BPTP Banten dan Apkasindo DPW Banten. Expo yang menampilkan produk-produk hasil hilirisasi riset menjadi perhatian yang menarik bagi mahasiswa/i dengan melihat langsung produk hilirisasi riset pertanian semakin membuka wawasan mahasiswa/i bawasannya hilirisasi riset pertanian banyak menghasilkan produk yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat luas.

Festival durian lokal Banten juga banyak menyita perhatian dengan di ikuti oleh 13 peserta yang menghadirkan durian – durian terbaik lokal, peserta berasal dari kalangan petani durian lokal hingga pelaku bisnis durian lokal berbagai daerah di Banten. Penjurian festival durian dilakukan oleh 3 orang diantaranya : Gregori Garnadi Hambali, M.Sc; Ir. H. Asep Mulya Hidayat, MM dan Dr. Azis Natawijaya. Selain ke-tiga juri tersebut yang menilai kualitas durian-durian terbaik lokal Banten juga di libatkan sebanyak 20 khalayak umum yang hadir dalam Dies Natalis 38 Faperta ini untuk menilai durian terfavorit peserta festival durian lokal Banten kali ini.

Lomba poster hilirisasi riset di ikuti oleh 12 peserta berasal dari kalangan mahasiswa dan dosen Faperta Untirta. Poster – poster yang ditampilkan menyita banyak perhatian karena dapat memberikan gambaran kepada para undangan yang hadir bawasannya pentingnya penelitian – penelitian bidang pertanian untuk dapat terus memberikan pemecahan masalah dan memberikan solusi terbaik bagi kebutuhan masyarakat pertanian pada umumnya. Penjurian lomba poster dilakukan oleh para dosen Faperta diantaranya : Ibu Ir.Hj.Cristiana Andjar Astuti, M.Si., Dr.nat.techn Weksi Budiaji, S Si., M.Sc, dan Dr. Adi Susanto, S.Pi., M.Si. Dewan juri memilih 3 poster terbaik yang akan di berikan hadiah menarik dan pengurusan sertifikat HAKI.

Poster-poster yang diperlombakan

Lomba-lomba tradisional sederhana yang dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Die Natalis 38 Faperta guna memupuk rasa persaudaraan dalam keluarga besar Faperta Untirta diantaranya : Rebutan kursi, Menara sedotan, Estafet sarung, Memasukan paku dalam botol dan Makan durian. Lomba-lomba tradisional ini selain diikuti oleh dosen dan tenga kependidikan juga di ikuti oleh para mahasiswa/i yang hadir. Antusiasme dalam mengikuti lomba membuat koordinator lomba Bapak Hendrawan Syafrie, M.Si cukup kewalahan mengatur jalannya perlombaan namun lelah Bapak koordinator lomba terbayarkan dengan kegembiraan yang dirasakan oleh segenap peserta lomba.

Kegiatan ditutup dengan simbolis penyerahan para pemenang lomba untuk festival durian dimenangkan oleh : Juara 1 Durian Si Madam (Aa Uki); Juara 2 Durian Si Petot (Abrori) dan Juara 3 sekaligus juara favorit Durian Si Lirik Mata (Abrori). Pemenang lomba poster Juara 1 Mustahal dkk, Juara 2 Rifki Prayoga Aditia dkk dan Juara 3 Egatama Khoerul Umam dkk. Selaku ketua pelaksana kegiatan Ir. Andi Apriany Fatmawaty, MP memberikan ucapan selamat kepada para pemenang sekaligus menutup acara mewakili segenap panitia mengucapkan terima kasih kepada sponsor utama yaitu Fitotech Agri yang telah mendukung kegiatan dan memohon maaf kepada seluruh peserta dan tamu undangan bila terdapat banyak kekurangan selama kegiatan berlangsung semoga perayaan Dies Natalis 38 Faperta Untirta tahun 2022 ini semakin mempererat silaturahmi seluruh civitas akademik dan para stake holder agar terus dapat berkerjasama secara optimal untuk memberikan sumbangsih terbaik bagi Untirta dan Banten secara khusus dan bidang pertanian Indonesia secara umum.