Beranda News

Disdukcapil Tangerang Catat Ribuan Warga Panongan Belum Rekam E-KTP

Disdukcapil Tangerang Catat Ribuan Warga Panongan Belum Rekam E-KTP
Ilustrasi E-KTP

TANGERANG, Pelitabanten.com – Aparat Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil () Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, telah mencatat ribuan warga di belum melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronika ().

“Kami sudah dapat laporan dari petugas bahwa sebanyak 3.746 warga belum merekam data e-KTP,” kata Panongan Prima Saras Puspa di Tangerang, Jumat (15/12/2017)

Prima mengatakan warga yang merupakan tamatan SMA/ dan sederajat seharusnya melakukan perekaman data e-KTP tapi masih yang belum melaksanakan. Menurut dia, dari sekitar 160.000 warga tersebar pada tujuh desa dan satu kelurahan, maka yang belum merekam untuk segera melakukan di kantor kecamatan.

Pihaknya telah berulangkali melakukan sosialisasi kepada warga karena perekaman data e-KTP sangat penting untuk mengurus berbagai keperluan seperti , paspor, perbankan, dan persyaratan administrasi lainnya. Bahkan dalam acara Peringatan Hari Besar (PHBI) juga disampaikan bagi warga yang belum merekam data supaya segera melaksanakan. Dia mengatakan aparat di tingkat desa maupun kelurahan sudah berulangkali menghimbau supaya warga melakukan perekaman data.

Baca Juga:  Ust. Sholeh Syafei Nahkodai GP Ansor Kota Cilegon

Sementara itu, Kepala Bidang Pengolahan Informasi dan Administrasi Kependudukan Disdukcapil Pemkab Tangerang, Anang Sutarjo meluruskan informasi sebanyak 620.000 warga tersebar pada 29 kecamatan yang belum merekam data e-KTP. Masalah tersebut mengemuka ketika beredar informasi dari media sosial yang menyebutkan peralatan mengalami kerusakan menyebabkan warga kesulitan merekam data. Menurut dia, jumlah tersebut merupakan data yang janggal dan perlu verifikasi kembali oleh petugas.

“Memang ada peralatan yang tapi telah diperbaiki dan jumlahnya tidak sebanyak itu, “katanya menambahkan.

Demikian pula pihaknya perlu mendata warga yang meninggal dan tamatan SMA/SMK yang telah berusia 17 tahun.