Beranda News

Diskominfo Kabupaten Tangerang Gelar Forum Satu Data

Diskominfo Kabupaten Tangerang Gelar Forum Satu Data
Diskominfo Kabupaten Tangerang Gelar Forum Satu Data untuk Mendukung lmplementasi Regulasi, Foto Pelitabanten.com.(dok)

KABUPATEN TANGERANG,Pelitabanten.com-Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Forum untuk mendukung implementasi regulasi Satu Data Indonesia di Kabupaten Tangerang.

Kepala Diskominfo Kabupaten Tangerang selaku walidata daerah, Nono Sudarno, mengatakan, kegiatan ini dilakukan dalam mendukung terciptanya tata kelola data yang lebih baik di Pemerintahan Kabupaten Tangerang. Acara tersebut digelar di Lemo, Kecamatan Kelapa Dua,

Hadir perwakilan BPS Kabupaten Tangerang selaku pembina data statistik, perwakilan selaku koordinator Satu Data tingkat daerah serta walidata pendukung, dan operator pengolah data tingkat Perangkat Daerah.

Forum data ini merupakan Diskominfo atas persetujuan untuk memenuhi kebutuhan data di tahun 2023. Pada tahun 2023 setiap perangkat daerah akan dilakukan penilaian terkait dengan Indeks Pembangunan Statistik (IPS).

“Melalui forum data ini diharapkan dapat mendorong kesadaran dan pemahaman para produsen data mengenai urgensi data sehingga setiap perangkat daerah selaku produsen data dapat berkoordinasi dengan walidata untuk mengumpulkan data yang sesuai dengan prinsip Satu Data sebagaimana diatur dalam Peraturan Nomor 88 Tahun 2021,” kata Nono.

Baca Juga:  Uyung Saputra Didorong Maju Pilkades Kerta Banjarsari

Sementara itu, Kepala Bidang Statistik Sektoral Budi Lestari menyampaikan, forum satu data ini juga dilaksanakan untuk menyepakati daftar data yang dikumpulkan untuk memenuhi kebutuhan data perencanaan dan pembangunan daerah. Melalui kegiatan ini, ia berharap dapat melahirkan kesepakatan terkait tersedianya daftar data yang akan dikumpulkan pada tahun ini.

“Saat ini, masing-masing Perangkat Daerah sudah memiliki SK Penyelenggara Satu Data tingkat Perangkat Daerah.  Dan melalui Forum Data ini diharapkan dapat menjadi wadah di antara kita untuk saling bertukar pendapat, , koordinasi, dan evaluasi dalam penyelenggaraan statistik sektoral. ” kata Budi.

Koordinator Satu Data tingkat daerah Kabupaten Tangerang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang penyusunan, pengendalian, dan pelaporan, Marine Prima Novita yang hadir secara daring mengapresiasi kegiatan Forum Data yang diselenggarakan oleh Diskominfo. Marine menyampaikan data-data yang akan dikumpulkan sesuai dengan Daftar Data hasil kesepakatan Forum Data akan menjadi ujung tombak untuk kegiatan perencanaan dan evaluasi pembangunan di Kabupaten Tangerang.

Baca Juga:  Linda Gunawan 'Wanita Cantik' Terpilih Jadi Kades Ranca kelapa, Sekcam Panongan: Selamat Bertugas & Berjuang

Sebagai informasi, dalam forum ini Diskominfo juga turut mengundang narasumber guna memberikan pengetahuan terkait pengelolaan data. Salah satunya adalah Zaenal Mutaqin dari Bappeda Banten.