Beranda News

DKP3 Tangsel, Berikan Pelatihan Merangkai Bunga Anggrek

Ratusan Wanita Diberikan Pelatihan Merangkai Bunga
DKP3 Tangsel Saat Diberikan Pelatihan Merangkai Bunga Anggrek di BPP. Rabu (17/10/2018) Foto Istimewa Pelitabanten.com

TANGERANG SELATAN,Pelitabanten.com,–Dalam rangka penyuluhan peningkatan produksi pertanian/perkebunan inovasi dan kreasi tanaman anggrek, Dinas Pertanian dan Perikanan (DKP3) menggelar Kegiatan pelatihan merangkai bunga yang diikuti oleh 180 peserta di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Jombang, Ciputat, Kota Tangerang Selatan pada Rabu, (17/10/2018)

Peserta terbagi dalam dua angkatan terdiri dari ibu ibu TP PKK dan Kelompok Tani di seluruh Kecamatan yang ada di Tangerang Selatan ().

Menurut Kepala DKP3 Tangsel Nur Slamet, kegiatan ini dilakukan untuk mengembangkan kemampuan peserta dalam merangkai bunga, terutama bunga anggrek yang menjadi khas .

“Ini bisa menambah dan meningkatkan penghasilan mereka dalam menghias
bunga,” kata Nur.

Menurutnya, dalam pelatihan tersebut para peserta juga diberikan pengetahuan mengenai pasar yang ada di Kota Tangsel. Sebab, bunga berfungsi untuk berbagai macam kegiatan dan acara.Seperti bunga hias, bunga ucapan wisuda, pernikahan atau kematian

Baca Juga:  PSBB Tahap Tiga, Keluar Masuk Tangsel Harus Punya SIKM
DKP3 Tangsel, Berikan Pelatihan Merangkai Bunga Anggrek
Walikota Airin saat memberikan pembekalan peserta pelatihan merangkai bunga. Foto Istimewa Pelitabanten.com

, mengatakan, sebagai salah satu
daerah yang mempunyai potensi besar di sektor pembudidayaan anggrek, Kota Tangsel memiliki salah satu strategi pembangunan ekonomi yaitu pengembangan agribisnis di sektor tanaman anggrek yang menjadi komoditas andalan.

“Komoditas anggrek memiliki peranan penting dalam pembangunan pertanian karena
sejumlah keistimewaan dan kelebihan yang dimiliki. Anggrek adalah tanaman yang bernilai ekonomi tinggi ini berpeluang meraih pangsa pasar yang besar baik nasional maupun
,” kata Airin.

Kebijakan pemerintah dalam usaha pengembangan anggrek akan mengarah pada penciptaan yang mendorong tumbuh dan berkembangnya industri anggrek secara cepat, sehat dan meningkatkan peluang pasar anggrek tersebut.

Menurutnya, salah satu kebijakan dalam rangka pengembangan anggrek adalah upaya penelitian dan pengembangan anggrek agar mampu meningkatkan daya saing ekspor.

“Saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel tengah mendorong pengembangan budidaya tanaman hias jenis anggrek karena pasarnya sangat potensial. Upaya mendorong pengembangan tanaman anggrek dilaksanakan melalui pelatihan tanaman anggrek yang pangsa pasarnya bagus,” Tandasnya.

Baca Juga:  Tok! Pertanggungjawaban APBD 2021 Disetujui DPRD Kota Tangerang

Editor    :  Adin