Beranda News

Dukung Pembangunan PIK, Kades Tegal Kunir Lor Kecamatan Mauk: Demi Perubahan secara Nyata

Dukung Pembangunan PIK, Kades Tegal Kunir Lor Kecamatan Mauk: Demi Perubahan secara Nyata
Ketua APDESI Kecamatan Mauk Mahpudin Ham Kipang, Foto. (Istimewa)

, Pelitabanten.com-ukungan terhadap rencana pemerintah bersama pengembang Pantai Indak Kapuk (PIK) menjadikan wilayah pantai Utara (Pantura) Kabupaten Tangerang sebagai kota baru terus mengalir.

Kali ini tersebut datang dari Mahpudin Kipang, Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia () Mauk, Kabupaten Tangerang.

“Secara pribadi dan sebagai Ketua APDESI Kecamatan Mauk, saya menyambut baik dan mendukung, keinginan pemerintah dengan melibatkan swasta untuk menata wilayah Pantura Kabupaten Tangerang, khususnya Kecamatan Mauk menjadi kota baru,” ucapnya, Rabu (22/5/2024)

Menjadikan wilayah Pantura sebagai kota baru, menurut Mahpudin Ham Kipang, akan berdampak terhadap perekonomian masyarakat yang semakin membaik dengan terciptanya lapangan pekerjaan.

Pria yang juga menjabat Tegal Kunir Lor dua periode ini, mencontohkan beberapa wilayah di Kabupaten Tangerang yang berhasil sebagai kawasan perkotaan modern seperti, Bumi Serpong (BSD), Gading Serpong dan lainnya yang dampaknya secara langsung dapat dirasakan oleh masyarakat setempat dengan melonjaknya harga .

Baca Juga:  Duh! Pembukaan Festival Al-A'zhom Bikin Bingung

Selain itu, sebagai Ketua APDESI Kecamatan Mauk, ia juga mengimbau para Kades yang wilayahnya terkena pembebasan untuk pembangunan kota baru tersebut, agar proaktif memberikan pengertian dan pencerahan kepada masyarakat.

Kehadiran pengembangan terbukti dapat mengubah wilayah seperti Kawasan BSD, Gading Serpong dan lainnya. Selain disulap menjadi kawasan modern, harga tanah di sekitarnya menjadi mahal.  Nantinya bisa menyesuaikan dengan kearifan lokal di mana warga sekitar dapat berkonstribusi serta merasakan kehadiran kota modern tersebut.

Mahpudin Ham Kipang berharap, masyarakat tidak terprovokasi oleh oknum yang menarasikan masyarakat terusir akibat adanya pengembang PIK di Kecamatan Mauk.

“Pasalnya, sebagian besar wilayah yang terkena pembebasan adalah persawahan dan empang, bukan permukiman. Pemilik lahan pun banyak yang tanah sawahnya dan empangnya sudah di mana-mana untuk berinvestasi sejak berpuluh-puluh tahun lalu,” ungkapnya.

Baca Juga:  Disaksikan Kajati Banten Pelajar SMK di Kabupaten Tangerang Tanda Tangani Deklarasi Damai