Beranda News

Evaluasi Banjir, Pemkab Tangerang Akan Sediakan Perahu Karet Ditiap Kecamatan

Evaluasi Banjir, Pemkab Tangerang Akan Sediakan Perahu Karet Ditiap Kecamatan
Zaki: Pemkab Tangerang Akan Sediakan Perahu Karet Ditiap Kecamatan. Foto Pelitabanten.com (Dok.Ist)

KABUPATEN TANGERANG, Pelitabanten.com, mengatasi banjir dimusim hujan tahun berikutnya Pemerintah Kabupaten Tangerang akan menyediakan perahu karet, peralatan dapur umum di 29 kecamatan desa/ untuk mengatasi tanggap bencana banjir di wilayah.

Hal terdebut disampaikan Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat rapat koordinasi terkait penanganan dan antisipasi banjir di Kabupaten Tangerang dengan seluruh , Camat, dan Ormas, bertempat ruan rapat Wareng Gedung Setda Kabupaten Tangerang Banten. Kamis, (/1/2020).

“mudah-mudahan nanti di 29 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tangerang tahun depan atau 2 sampai 3 tahun yang akan datang semua kecamatan desa dan kelurahan punya perahu, punya peralatan dapur umum yang bisa bisa di gunakan buat tanggap darurat bencana banjir di wilayah masing-masing,” jelas Zaki.

Lebih jauh Zaki Menyampaikan kenapa kita perlu perahu karet dan peralatan dapur umum di setiap kecamatan, desa dan kelurahan?

Dari pengalaman penanganan bencana banjir tahun 2020 ini, Kata Dia, pemkab mengalami kesulitan karna kekurangan perahu karet dan perakatan dapur umum.

Baca Juga:  Ketua LSM Inakor Minta APH Tindak Tegas Peredaran Minuman Jenis CIU di Kabupaten Tangerang

Menurut Zaki, perahu karet yang di BPBD Kabupaten Tangerang tidak cukup mengatasi banjir yang terjadi di 14 kecamatan kemarin.

Ia juga meminta seluruh jajaran, Ormas, OKP, agar bisa berkoordinasi dan bersinergi dengan baik agar proses penanganan banjir bisa segera diatasi.

“saya minta semua saat ini berjaga dan antisipasi banjir yang bisa kapan saja terjadi karena menurut musim hujan masih sampai awal Maret, dan BPBD, Dinsos, Kecamatan agar berantisipasi segala kemungkinan yang terjadi,” Katanya.

Menurutnya, musim penghujan tahun ini cukup panjang, maka setiap elemen yang ada di kecamatan masing-masing buat SOP (standar operasional prosedur) penanganan banjir secara menyeluruh.

“kebutuhan peralatan kemudian personil juga dan ini yang sedang kita kalkulasikan, masalahnya musim penghujan ini baru dimulai, masih ada 3 bulan kedepan yang harus kita siaga, berikutnya juga para camat agar dalam menangani banjir semua sudah punya SOP masing-masing, dan alat pendukung seperti perahu karet, dapur umum itu harus ada disetiap kecamatan,” ucapnya.

Baca Juga:  Pimpin Apel, Arief Ingatkan Pegawai Saling Dukung Tangani Banjir

Sekretaris Daerah, Moch Maesyal Rasyid menambahkan terkait penyediaan perahu karet dan peralatan dapur umum di kecamatan dan desa/kelurahan Pemerintah Daerah akan menganggarkannya, menggingat banjir ini selalu datang tiap tahun.

“Kita akan menganggarkan untuk penyediaan perahu karet dan peralatan dapur umum di kecamatan dan desa/kelurahan,” ujarnya.