Beranda News

GeMa CerMat Ajak Masyarakat Cerdas Soal Obat

GeMa CerMat Ajak Masyarakat Cerdas Soal Obat

TANGERANG,Pelitabanten.com –  Masyarakat Kota Tangerang diminta untuk cermat dan cerdas dalam menggunakan obat sehingga tidak menjadi korban dari penyalahgunaan obat-obatan. Hal tersebut disampaikan Dra. Hj. Siti Masrifah, MA dari Fraksi PKB saat Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat ( GeMa CerMat) di Aula Gedung Gor Gembor Gembor Kecamatan Priuk, Kota Tangerang. Sabtu (15//2018).

GeMa CerMat Ajak Masyarakat Cerdas Soal Obat

Acara tersebut dihadiri masyarakat sekitar dari berbagai golongan yang berada di Kota Tangerang.

GeMa CerMat Ajak Masyarakat Cerdas Soal Obat

Dia mengatakan bahwa penggunaan obat oleh masyarakat itu adalah hak dari yang bersangkutan dengan harapan agar bisa sembuh dari sakit yang dialami.namun demikian hendaknya dalam menggunakan obat haruslah sesuai dengan dosis dan resep dari .

Dikatakannya bahwa dokter dalam memberikan obat kepada setiap pasien tentu telah melalui pemeriksaan yang intesif pada tubuh pasien sehingga dalam memberikan obat berdasarkan keluhan dari pasien.

Baca Juga:  Anggota DPRD Banten, Andra Soni Jaring ASMARA melalui Reses

Hingga dengan demikian setiap pasien yang mengkonsumsi obat tidak asal asalan karena apabila hal itu dilakukan tentu berdampak negatif bagi yang bersangkutan bahkan bisa menjadi racun bagi tubuhnya sendiri.

Dia Meminta kepada masyarakat agar mewaspadai keberadaan para penjual obat keliling yang tidak jelas identitasnya karena hal itu terkadang hanyalah modus dalam melakukan tindakan kejehatan.

Siti berpesan kepada masyarakat khususnya .“Jangan sekali-kali mau diambil darah oleh penjual obat keliling karena kita tidak tahu apa memang yang bersangkutan murni menjual obat atau ada modus lainnya karena bisa saja yang bersangkutan menyuntikan obat bius yang tentu berbahaya bagi warga,”katanya.

Oleh karena itu Siti Masrifah meminta dari semua pihak baik itu pemerintah melalui Dinas Kesehatan untuk benar-benar memperhatikan peredaran obat di kalangan masyarakat agar tidak terjadi penyalahgunaan obat yang membawa dampak negatif bagi masyarakat itu sendiri.

Baca Juga:  Gelar Sertijab Struktural Esselon IV, Camat Pamulang : Rotasi dan Mutasi Jabatan Itu Biasa

Jangan mudah percaya dengan iklan produk obat yang belum tentu teruji kebenaran akan obat tersebut apalagi obat yang dijual bebas.

” Yang paling aman adalah obat yang diberikan oleh dokter berdasarkan resep yang diberikannya ,” Tegasnya.

GeMa CerMat Ajak Masyarakat Cerdas Soal Obat

Sementara pelayanan Kefarmasian Dra. R. Dettie Yuliati, M.Si., Apt berharap masyarakat paham dalam penggunaan obat sesuai resep, tidak sembarangan menggunakan obat.

” Masyarakat harus tau dalam penggunaan obat yang sesuai dengan takaran serta harus benar-benar resep dari dokter,” Ucapnya

Dibeberapa kasus,masih masyarakat yang menggunakan obat-obatan dengan dosis yang kurang tepat tanpa berkonsultasi dengan dokter. itu semua menjadi sebab tubuh menjadi kebal terhadap obat bahkan bisa membuat sakit semakin sulit untuk diobati hingga menimbulkan penyakit baru. (Ajis)

Editor : Adin