Beranda News

Gerakan Kali Sipon Bersih dan Teduh, Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan

Gerakan Kali Sipon Bersih dan Teduh, Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan
Pemasangan Alat Penahan Sampah di Hulu kali Sipon. Wakil Wali Kota Tangerang, Sacrudin bersama Camat Cipondoh, Kepala Dinas PUPR dan Kepala Dinas LH. Sabtu (12/6). Foto Ahmad Syihabudin Pelitabanten.com

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com — Kali sipon yang berada di sepanjang jalan Irigasi, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang menjadi pusat perhatian karna kumuh dari sampahnya yang menumpuk berbau.

Berbagai Komunitas pecinta lingkungan didukung daerah Kota Tangerang berupaya menyadarkan masyarakat dengan melakukan gerakan kali Sipon bersih dan teduh. Sabtu, (12/6/2021).

Wali Kota, bersama Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin meninjau langsung kegiatan bersih-bersih yang digagas oleh pecinta lingkungan Foundation.

“Kami berterima kasih dengan para komunitas, melakukan kegiatan bersih bersih kali Sipon, Karna ini adalah kegiatan masyarakat, akhirnya masyarakat harus lebih antusias untuk merawat dan menjaga kali Sipon,” ujar Arief.

Lanjut Arief, Berdirinya di sepanjang Sipon hingga menjadi perhatian pemerintah kota Tangerang. lantaran sampah berasal dari pedagang pasar kaki lima (PKL) tersebut.

Baca Juga:  Kebakaran TPA Rawa Kucing Pelayanan Sampah Normal dan Maksimal, Ini Faktanya?

Wali kota mengaku, pihaknya sudah dan terus berupaya melakukan penataan PKL yang menjadi sumber permasalahan saat ini.

“Sudah kami bahas bersama, dan sudah saya sampaikan ke Cipondoh, coba dorong jika ada punya lahan mau di bikin pasar lingkungan,” katanya.

“Kedepan kita akan pikirkan untuk bisa pembangunan pasar di kecamatan Cipondoh lebih masif lagi,” imbuh Wali Kota.

Ketua Banksasuci Foundation, Ade Yunus menyampaikan bahwa kegiatan Gerakan Kali Sipon Bersih dan Teduh hari ini adalah upaya mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan merubah prilaku hidup bersih.

“Berkali kali dibersihkan pun besok akan kotor lagi, jika kesadaran masyarakat tidak ada,” tukasnya

Nantinya, kata Yunus akan dibangun Pos-pos pantau dibeberapa titik dari hilir hingga hulu kali Sipon itu, dan juga akan ditanam pohon-pohon sepanjang bantaran kali Sipon agar memiliki nilai estetikanya.

Baca Juga:  Polisi Awasi Warga Tidak Sembarang Bakar Sampah dan Ban Bekas di Tangerang

“Dengan adanya Kolaborasi dan Kolabor Aksi ini, dapat mengerakkan masyarakat. Kali Sipon ini banyak yang ngomongin banyak juga yang mempermasalahkan tetapi tidak ada yang mau memulai,” tandasnya.