Beranda News

Giliran Anak Berkebutuhan Khusus Mendapat Vaksinasi Covid-19

Giliran Anak Berkebutuhan Khusus Mendapat Vaksinasi Covid-19
Vaksinasi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Kota Tangerang. Selasa, (11/1). Foto Pelitabanten.com

, Pelitabanten.com – Guna percepatan covid-19 memberikan hak yang sama terhadap seluruh anak di Kota Tangerang. Dinas (Dinkes) Kota Tangerang mulai melakukan vaksinasi bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) disejumlah sekolah.

Kali ini, pemberian vaksin dilakukan Puskesmas Karawaci Baru di Sekolah Kebutuhan Khusus YKDW Karawaci, Selasa (11/1/2022).

Penanggung Jawab Program Kesehatan Jiwa, Puskesmas Karawaci Baru, dr Yuningsih mengungkapkan vaksin yang digunakan jenis Sinovac.

Secara pelaksanaan vaksinasi ABK sama saja seperti lainnya. Namun, secara proses skrining dilakukan wawancara yang lebih mendalam, terutama pada sederet riwayat penyakit para ABK.

“Biasanya skrining berlangsung dua hingga tiga menit. Kalau untuk ABK saya melakukan skrining hingga lima menit bahkan lebih. Wawancara yang mendalam ke mereka orangtuanya atau pendampingnya. Memastikan riwayat kesehatannya yang aman atau tidak untuk menerima vaksinasi ini,” ungkap dr Yuningsih.

Baca Juga:  Pemkab Pandeglang Gelar Sosialisasi Aplikasi Sp4n Lapor, Tempatnya Masyarakat Keluhkan Pelayanan Publik

Ia pun menjelaskan, dari target 50 ABK 21 diantaranya gagal vaksinasi, karena memiliki riwayat kejang dan gangguan kesehatan lainnya. Selanjutnya, ABK direkomendasikan untuk konsultasi lebih dulu ke spesialisnya, terkait layak atau tidak layaknya divaksinasi.

“Kami juga memberikan arahan, jika sudah konsultasi dan dibolehkan divaksin. Maka, kami menganjurkan vaksinasi dilakukan di Puskesmas terdekat, sehingga proses penanganan atau pantauan lanjutan dapat dilakukan dengan mudah. Pastinya, kita harapkan dengan vaksinasi semua anak mendapat haknya untuk terlindungi dari pandemi,” jelasnya.

Lanjutnya, vaksinasi ABK tak hanya digelar di Sekolah Khusus, tapi orang tua ABK dapat mengantarkan anak-anaknya untuk mengikuti vaksinasi di puskesmas – puskesmas terdekatnya.

“Tidak perlu takut, dokter profesional standby untuk menerima dan mendampingi masyarakat. Serta memberikan penjelasan sedetail mungkin, untuk orang tua dan ABK itu sendiri aman dan nyaman dalam proses vaksinasi,” imbaunya.

Baca Juga:  Muharam 1441 H, BPPKB DPAC Karawaci Santuni Ratusan Yatim

Terpantau di lokasi vaksinasi ABK, orang tua dan anak-anak berkebutuhan khusus antusias mengikuti sejumlah tahapan vaksinasi. Walau tak sedikit dari mereka, membutuhkan atau sorak sorai para dan orang tua, sehingga para ABK teralihkan dari alat suntik vaksin.

“Saya sudah menunggu-nunggu kapan anak-anak kami bisa divaksinasi. Karena saya yakini, dalam kondisi pandemi saat ini vaksinasi sangat dibutuhkan. Terlepas dari itu, kita harus ikut anjuran demi kebaikan bersama,” kata Lilis Suryaningsih, salah seorang wali .

Sebagai informasi, 28 hari vaksinasi anak 6-11 tahun, saat ini Dinkes mencatat capaiannya sudah diangka 127.730 anak atau 68,7 persen pada dosis satu.