Beranda News

Hari Sumpah Pemuda, Himapar Ingatkan Pentingnya Persatuan Bangsa

Hari Sumpah Pemuda, Himapar Ingatkan Pentingnya Persatuan Bangsa
HSP pentingnya peraatuan bangsa Foto Rizki Pelitabanten.com

SERANG,Pelitabanten.com, — Memperingati hari Himpunan Mahasiswa (Himapar) menggelar istighosah akbar yang dipimpin oleh kiai karismatik Abuya Muhtadi Dimyati.

Acara yang diselenggarakan di Alun-Alun Rancanini Padarincang, tersebut mengangkat tema meneguhkan hari sumpah pemuda sebagai pemersatu bangsa.

Hari Sumpah Pemuda, Himapar Ingatkan Pentingnya Persatuan Bangsa
Abuya Muhtadi Dimyati (depan) Rizki Pelitabanten.com

Ketua Umum Himapar, Abdurrahman menuturkan istighosah dan refleksi sumpah pemuda ini bermaksud mengingatkan kepada warga Padarincang serta seluruh rakyat akan pentingnya persatuan bangsa.

“Melihat kondisi saat ini dimana perselisihan, perdebatan, percecokan hal lumrah terjadi di Negeri kita yang berujung kepada perseteruan saudara, seagama, sebangsa dan senegara,” katanya, Minggu (28/10) malam.
“Maka kami pengurus Himapar mencoba mengingatkan kembali kepada masyarakat Padarincang dan rakyat Indonesia bagaimana pentingnya persatuan bangsa,” jelasnya menambhakan.

Sementara itu Pembina Himapar Rendi Yani menuturkan bagaimana dahulu Indonesia takluk dan menyerah kepada penjajah disebabkan perpecahan sesama Bangsa.

Baca Juga:  Kirab Merah Putih, Kapolda : Masyarakat Banten Siap Mempertahankan NKRI

“Bukan karena Raja maupun Sultan kita tidak punya militer yang kuat atau kurangnya peralatan senjata, tetapi karena tidak adanya persatuan nasional dan persaudaran,” tuturnya.

Selain itu, adanya perpecahan dan pertikaian sesama turut mempengaruhi sehingga menyebabkan kekalahan hingga takluk dan menyerah kepada penjajah.

“Untuk itu, mari jaga persatuan dan kesatuan,” singkatnya.