Beranda News

HPN, Media Massa di Tengah Terpaan Rudiantara : Pers Harus Selalu Berpikir Positif

HPN, Media Massa di Tengah Terpaan Rudiantara : Pers Harus Selalu Berpikir Positif
Di HPN 2019, Rudiantara : Pers Harus Selalu Berpikir Positif. Foto Azis Shodik Pelitabanten.com

SURABAYA, Pelitabanten.com — Peringatan Hari Pers (HPN) yang di selenggarakan mulai tanggal 7 – February 2019 di Serathon Jawa Timur (Jatim) di hadiri oleh dari berbagai daerah di Seluruh Indonesia.

Dalam peringatan 2019 Jatim ini mengangkat temma ” Media Massa di Tengah Terpaan : Takes All Market “. Sepertimana kita dunia media massa semakin ketat dalam bersaing melawan tekhnologi digital.

Belakangan dengan munculnya google, facebook dan instagram membuat semakin tergerusnya perusahaan perusahaan media seperti media cetak yang semakin terpuruk oleh beban cetak dan oplah.

HPN, Media Massa di Tengah Terpaan Rudiantara : Pers Harus Selalu Berpikir Positif
HPN 2019 di Surabaya Jatim. Foto Azis Shodik Pelitabanten.com

Seperti yang di jelaskan oleh Menteri Kominfo Rudiantara dalam pidatonya pada saat acara pembukaan peringatan Hari Pers Nasional di Hotel Serathon Jum’at, (08/02/ 2019), mengatakan bahwa Pers harus selalu berpikir Positif.

“Pers di Indonesia atau di Indonesia dan pemilik Pers Indonesia selalu berfikiran positif, khawatir boleh tapi kita harus tunjukan dengan perubahan saat ini dengan , saya tidak khawatir dengan perubahan ini karena saya selalu memisahkan antara antara konten dan medium, konten dengan media,” ucapnya.

Baca Juga:  Gandasari dan Gerendeng Kasus Covid-19 Tinggi, Pemkot Terus Lakukan Testing

“Dalam industri media pers yang ada saat ini, ada dua hal yang satu kontens, kontens itu bergantung pada kemampuan sumber daya manusia kuncinya adalah profesionalisme dari jurnalis Indonesia, perubahan dari dunia cetak kedunia elektronik atau media , dan sekarang kepada media sosial, itu tidak bisa kita hindari. Apapun platfomnya kembali kepada konten sumber daya manusia yaitu jurnalisnya.” Terangnya.

HPN, Media Massa di Tengah Terpaan Rudiantara : Pers Harus Selalu Berpikir Positif
HPN 2019. Foto Azis Shodik Pelitabanten.com

“kita seolah-olah khawatir habis gara gara digitalisasi, justru seharusnya bagaimana kita memanfaatkan digitalisasi ini untuk menumbuh kembangkan ekonomi, bagaimana mendorong pertumbuhan dari enterprener di Indonesia, intinya gamaimana kita menerapkan ekonomi digital karena kita yakin bahwa ekonomi digital akan membuka lapangan lapangan pekerjaan baru. Dengan digitalisasi digital ekonomi ini justru akan menurunkan gap genie rasio di Indonesia.” Jelasnya.

” kembali kepada pers dan digital di Indonesia masih sedikit yang stup up yang fokus ke mesia dunia pemberitaan. Jadi saya sampaikan jangan kawatir dengan digitalisasi. Digitalisasi hanya alat, nantinya pasti akan berubah lagi bukan dri bentuk teks, gambar video kejadian yang di gabungkan, artinya dengan medium yang berbeda kita bisa menyampaikan kepada publik apa yang terjadi sesungguh nya, jadi jangan terlalu di pusingkan dengan masalah teknologi” tegasnya.

Baca Juga:  HPN ke 73, Jokowi : Kepercayaan Pada Media Arus Utama Lebih Besar Dibanding Medsos

Editor : Adin