Beranda News

Idul Fitti Dua Pekan Lagi, Presiden Joko Widodo Tinjau Pelabuhan Merak

Idul Fitti Dua Pekan Lagi, Presiden Joko Widodo Tinjau Pelabuhan Merak

CILEGON, Pelitabanten.com – (Jokowi) Selasa (11/04/2023) pagi meninjau persiapan arus 2023 di Merak, Banten.

Kunjungan ini untuk memastikan persiapan mudik lebih baik dari tahun lalu sehingga mudik dapat berjalan lancar tanpa ada masalah.

“Mengacu kepada masalah yang terjadi pada arus mudik pada tahun lalu utamanya di jalan tol dan juga di pelabuhan Merak, saya hadir di sini untuk memastikan bahwa persiapan desain perencanaan itu benar-benar sudah pada posisi yang siap,” kata Presiden Jokowi di Pelabuhan Merak.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga menyinggung masalah penumpukan di jalur Cikuasa atas dan bawah yang mengarah ke Cilegon. Dimana pada periode mudik tahun 2022 lalu sempat terjadi hingga 2 km.

Idul Fitti Dua Pekan Lagi, Presiden Joko Widodo Tinjau Pelabuhan Merak

“Kita ingat tahun lalu di Cikuasa atas, Cikuasa bawah ada masalah, kemudian juga kapasitas untuk kapalnya kurang, tapi pada Lebaran tahun ini arus mudik tahun ini kita harapkan semuanya itu sudah tidak terjadi lagi,” ujarnya.

Baca Juga:  Himakom Kecam Puluhan Dosen Menghalangi Proses Hukum yang Menjerat Rektor UNMA Banten

Mantan Walikota Solo itu pun mengingatkan seluruh yang melakukan perjalanan mudik agar berhati-hati, mengingat ada kenaikan jumlah pemudik pada tahun ini yang mencapai 45 persen.

“Tapi juga hati-hati, ini saya ingatkan semuanya yang ingin mudik, hati-hati, ada lompatan yang besar jumlah masyarakat yang mudik dari 86 juta, dari survei ini, ke 123 juta, artinya ada kenaikan kurang lebih 45 persen,” ungkap Jokowi.

Selajn itu, Jokowi juga meminta agar seluruh persiapan layanan mudik tahun ini harus dihitung secara detil, sehingga berbagai pada tahun sebelumnya tak kembali terjadi.

“Ini yang semuanya harus dihitung dikalkulasi sehingga tadi saya menanyakan secara detil karena tidak ingin kejadian tahun yang lalu terjadi pada tahun ini,” ucapnya.

Idul Fitti Dua Pekan Lagi, Presiden Joko Widodo Tinjau Pelabuhan Merak

Sementara itu, salah satu antisipasi yang dilakukan yaitu penambahan pelabuhan dermaga di Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ) Bakauheni dan Pelabuhan Ciwandan dengan menambah kapasitas penumpang dari 34 ribu menjadi 49 ribu.

Baca Juga:  Berbasis Elektronik Kabupaten Tangerang Raih Penghargaan

Manajemen di lapangan juga menurutnya sudah disiapkan. Dimana ada pemisahan untuk , juga pelabuhan khusus , kendaraan kecil, dan kendaraan berat.

“Sudah dipisah-pisah ini juga sangat bagus,” tutupnya.(bud,end,red)