Beranda News

IRSA 2019, Wakil Walikota Tangerang Paparkan 5 Pilar

IRSA 2019, Wakil Wali Kota Tangerang Paparkan 5 Pilar
IRSA 2019 Masuki Tahap Penjurian, Wakil Paparkan Tata Kelola Keselamatan Jalan. Foto Pelitabanten.com (Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com — Wakil Wali Kota Tangerang H. Sachrudin didampingi Kepala Dinas Perhubungan Wahyudi Iskandar, Kepala Dinas Kesehatan Liza Puspadewi, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpolpp) Agus Hendra memaparkan presentasi dalam Penjurian Indonesia Road Safety (IRSA) 2019 yang dilaksanakan di Gedung Kementerian PPN/Bappenas, Jalan Taman Suropati, Jakarta Pusat, Kamis (24/10).

Wakil Walikota menyampaikan 5 (lima) pilar yang menjadi fokus penilaian diantaranya Manajemen Keselamatan Jalan, Jalan Yang Berkeselamatan, Kendaraan Yang Berkeselamatan, Perilaku Pengguna Jalan Yang Berkeselamatan, dan Penanganan Pra dan Pasca Kecelakaan.

Terkait pilar nomor empat yaitu Perilaku Pengguna Jalan Yang Berkeselamatan, Sachrudin menerangkan bahwa Kota Tangerang terus mendorong program yang berpengaruh pada penurunan angka pelanggaran .

IRSA 2019, Wakil Wali Kota Tangerang Paparkan 5 Pilar
Pamaparan IRSA 2019 Kota Tangerang. Foto Pelitabanten.com (Ist(

“Kami bekerjasama dengan Polres Metro Tangerang Kota memberikan penyuluhan tentang safety riding baik itu di sekolah-sekolah maupun kampus dan turut mengajak masyarakat dari semua kalangan untuk beralih ke moda transportasi umum,” ujar Sachrudin didepan lima orang dewan juri.

Baca Juga:  Vaksinasi Mahasiswa UMT, Sachrudin: Agar Pandemi Ini Dapat Terkendali

itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang Wahyudi Iskandar memaparkan jawaban perihal pilar ketiga yaitu Kendaraan Yang Berkeselamatan.

“Di Kota Tangerang, kami telah menggunakan sistem berbasis teknologi informatika untuk uji kendaraan bermotor, sehingga seluruh kendaraan teruji dengan baik dan terekam dalam sistem,” papar Wahyudi.

Selain itu, Liza Puspadewi selaku Kepala menerangkan bahwa penanganan kedaruratan pra dan pasca kecelakaan di Kota Tangerang telah terintegrasi dengan baik lewat Aplikasi SIGAP.

IRSA 2019, Wakil Walikota Tangerang Paparkan 5 Pilar
IRSA 2019, Wakil Wali Kota Tangerang Paparkan 5 Pilar. Foto Pelitabanten.com (Ist)

“Kami juga tergabung dalam tim BPBD yang dimana sudah terintegrasi lewat Aplikasi SIGAP. Aplikasi SIGAP bertujuan untuk memonitor pergerakan para petugas lapangan di lingkup Pemkot Tangerang. Nantinya, SIGAP mampu melacak posisi petugas lapangan secara real time apakah sudah tiba dilokasi kecelakaan atau belum,” terangnya.

Seperti diketahui, IRSA merupakan tahunan untuk kota dan kabupaten terbaik dalam hal penerapan tata kelola keselamatan jalan yang telah memasuki tahun ketujuh.

Baca Juga:  Wakil Wali Kota Tangerang Minta Satpol PP Bisa Profesional dan Sesuai Aturan

Adapun lima orang dewan juri yang memberikan penilaian diantaranya Agus Pambagio Pengamat Kebijakan , Leksmono Suryo Putranto Besar Transportasi, Avi Mukti Kasubdit Manajemen Keselamatan , Rika Zikriyyah Direktorat Transportasi Bappenas, dan Lilik Wachid Budi Susilo Transportasi.