Beranda News

Kejahatan Seksual pada Anak dan Remaja Mengintai, Waspadai Modus Grooming

Kejahatan Seksual pada Anak dan Remaja Mengintai, Waspadai Modus Grooming
Wakil Ketua I DWP Kota Tangerang, Nita Kiki. Foto Pelitabanten.com (Ist)

, Pelitabanten.com – Modus pelecehan seksual pada anak kian beragam. Dengan itu, harus lebih waspada karena kejahatan seksual pada anak yang banyak terjadi ialah . Modus pelecehan seksual terhadap anak dengan iming-iming pendekatan.

Atas kegelisahan tersebut, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Tangerang menggelar dengan tema “Waspada Bahaya Modus Grooming Pelecehan Seksual pada Anak”, di Gedung Nyimas Melati, Kota Tangerang, Kamis (30/6/2022).

Wakil Ketua I DWP Kota Tangerang, Nita Kiki mengungkapkan kegiatan ini diikuti ratusan anggota DWP dari OPD, hingga secara hybrid.

Pendidikan secara webinar ini ditujukan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam terkait kejahatan seksual pada anak dan remaja khususnya dengan modus grooming.

“Dengan itu, para istri Pemkot Tangerang lebih memahami, mencegah hingga meminimalisir kemungkinan terjadinya grooming pada anak-anak kita. Tak terkecuali, dengan ilmu yang didapat juga dapat dishare ke lingkungan sekitar, untuk menjaga anak-anak di lingkungan sekitar. Bahkan, dapat mengambil peran dalam penekanan angka kasus pelecehan atau kejahatan seksual pada anak di Kota Tangerang,” ungkap Nita, usai acara berlangsung.

Baca Juga:  Cegah Kekerasan Seksual, Forum Anak Kota Tangerang Gelar Lakon Suara Anak

Sementara itu, dalam Webinar kali ini DWP menghadirkan psikolog yaitu dr. Seto Mulyadi,M.Psi atau biasa akrab dipanggil Kak Seto. Dalam pemaparannya, Kak Seto menjelaskan Grooming merupakan upaya orang dewasa untuk membangun hubungan, kepercayaan, dan ikatan emosional dengan seorang anak atau anak di bawah umur.

“Dalam modus ini, pelaku melakukan manipulasi, mengeksploitasi, bahkan melecehkan . Hal ini, sangat berdampak pada kondisi kesehatan mental korban, dan dapat meningkatkan , trauma, gangguan kemasan, gangguan kepribadian dan sebagainya. Maka, orang tua harus mengenal dan mengetahui cara penanganannya yang tepat,” papar Kak Seto, lewat meeting zoom.

Ia pun mengimbau, para orang tua untuk tidak ragu melakukan edukasi seks sejak dini, tentu dengan cara yang baik dan tepat. Selain itu, selalu tumbuh menjadi orang tua yang dapat menjadi sahabat dan panutan para anak-anak.

Baca Juga:  Sehari, Gedung Pemkot Tangerang Jadi Arena Bermain Anak Yatim

“Terpenting, membangun komunikasi diskusi sejak dini, sehingga anak-anak terbiasa terbuka atas apa yang mereka rasakan atau mereka alami disetiap harinya. Pastinya, tidak ragu datang ke psikolog jika kondisi anak memang membutuhkan penanganan yang serius. Daripada terlambat dan merusak masa depan sang anak,” imbau Kak Seto.