Beranda News

Komunitas UMKM TB Tangsel, Perkuat Design Visual Melalui Picth Deck

, Pelitabanten.co – Komunitas UMKM Tangguh Berkibar Tangsel menyelenggarakan Melalui Pitch Deck dengan tema “Memperkuat Design Visual Melalui Picth Deck”, yang diikuti seluruh pengurus dan anggota yang ada di tujuh kecamatan yang dilaksanakan di Aula Kecamatan Setu, Jl Baru, Kel Babakan ,Kec Setu, Selatan, Sabtu (16/07/2023).

Dalam acara ini, menghadirkan seorang pemateri yaitu coach Bapak Cakra Wira Wiyata dan hadir juga Adi Ketua Komunitas UMKM Tangguh Berkibar Tangsel, Pembina Komunitas UMKM Tangguh Berkibar Tangerang Selatan Ancilla Yanny Irmella, Bapak Bima Dispar Tangsel, Ibu Ayu Ekbang Kec Setu, Dian Octo  perwakilan Institut Teknologi Indonesia (), Agustine Dwianika perwakilan Universitas Pembangunan Jaya (UPJ). Bapak Aan pemberi materi dan anggota komunitas Tangguh Berkibar Tangsel.

Pada kesempatan itu, coach Bapak Cakra Wira Wiyata menyampaikan bahwa, dalam berbisnis yang  pertama yang kita pikirkan adalah manfaat buat orang yang menerima manfaat sehingga berdampak kepada packing dan branding produk kita.

Baca Juga:  Ikuti FGD, Arief Sampaikan Solusi Penanganan Banjir di Kota Tangerang

“Untuk itu, dalam produk kita yang harus dipikirkan adalah target yang dipertajam, baik usia, sasaran ekonomi pasar, produk dan kemasannya. Karenanya ada tiga organ yang harus diperhatikan yaitu, Marketing. Produksi dan .” paparnya.

Dijelaskannya bahwa, secara garis besar ada yang harus diperhatikan dalam produk UMKM  kita yaitu,latar belakang masalah, solusi yang ditawarkan, produk atau layanan perusahaan, kondisi dan potensi pasar, memiliki rencana bisnis, membedakan produk kita dengan produk lainnya, menyikapi kompetitor, merencanakan pemasaran, melakukan perkenalan tim, dan target bisnis ke depan.

Sedangkan Adi Ketua Komunitas UMKM Tangguh Berkibar Tangsel kepada menjelaskan, salah satu kegiatan ini, untuk mendukung daya saing produk yang ada di Komunitas UMKM Tangguh Berkibar Tangsel yang selama ini sudah memiliki kualitas produk yang baik namun belum memiliki identitas visual yang representatif untuk mampu bersaing di pasar global.

Baca Juga:  Kota Tangerang Gencar Sosialisasi Cegah Covid-19

“Melalui Monitoring Melalui Pitch Deck guna memperkuat Design Visual Melalui Picth Deck dengan mengedukasi para UMKM terhadap pentingnya visual identity untuk meningkatkan brand awareness. ” jelasnya.

Masih ditempat yang sama, Pembina Komunitas UMKM Tangguh Berkibar Tangerang Selatan Ancilla Yanny Irmella mengatakan bahwa kegiatan ini diadakan bertujuan untuk meningkatkan soft skill dan hard skill para pelaku UMKM yang bergabung dalam Komunitas Tangguh Berkibar Tangsel dalam menyusun pitch deck dan pitching untuk calon konsumen.

“Kehadiran coach Bapak Cakra Wira Wiyata untuk memberikan paparan dalam pengembangan strategi dan ide bisnis atau usaha terhadap rencana bisnis, finance, marketing, branding dan kegiatan lain untuk meyakinkan atau dalam mengajukan produk UMKM Tangguh Berkibar Tangsel ke depannya,” jelasnya.

“Tadi juga disampaikan Coach bahwa ada beberapa strategi yang bisa dicoba pada saat menyampaikan profil bisnis saat pitch yaitu latar belakang mendirikan bisnis, inovasi yang ditawarkan, dan cara melaksanakan bisnis.

Baca Juga:  Jelang Ramadhan, Polres Serang Kota Berhasil Mengamankan Ribuan Botol Miras dan Puluhan Dirijen Miras Oplosan

Menurutnya, apa yang disampaikan coach dalam paparannya dapat menambah pengetahuan anggota Komunitas UMKM Tangguh Berkibar  untuk menarik calon konsumen.

Artinya, kita harus mulai dengan storyline yang rapi dengan memberikan ending terbaik dengan fokus pada problem, solution, dan strategy serta berikan closing statement dengan cara call to action agar bisnis anda dapat dilirik.”jelasnya.

“Semoga kegiatan ini memberikan dampak positif terhadap produk UMKM Tangguh Berkibar sehingga diharapkan ke depan mampu mendatangkan pelanggan potensial, calon investor, atau calon mitra.” pungkasnya.