Beranda News

Kondisi Balita di Tangerang Diberi Obat Kadaluarsa Terus Dipantau

Kondisi Balita di Tangerang Diberi Obat Kadaluarsa Terus Dipantau
Petugas Kesehatan Terus Pantau Kondisi Arkaan. Kamis, (11/8). Foto Pelitabanten.com (Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Dua hari pasca kelalaian petugas puskesmas memberikan obat kadaluarsa, Kota (Pemkot) Tangerang melalui () Puskesmas Pedurenan masih terus memantau kondisi balita di Karang Tengah tersebut.

Perhatian diberikan secara langsung ke balita bernama Arkaan itu, Kamis (11/8/22). Kondisinya disebut petugas sudah sehat dan aktif.

Ramai diberitakan, petugas puskesmas telah melakukan kelalaian saat pelaksanaan BIAN di Bunga Kenanga, dengan memberikan obat kadaluarsa pada bayi di Karang Tengah. Dimana balita tersebut diberikan obat penurun panas untuk sekiranya dibutuhkan jika terjadi KIPI pasca imunisasi.

Widya, ibu dari Arkaan mengaku pasca melapor atas keberadaan obat kadaluarsa tersebut, petugas Puskesmas Pedurenan langsung datang untuk menarik dan mengganti obat tersebut. Petugas juga mengecek kondisi bayi secara langsung dan memantau 24 jam, atas perkembangan Arkaan.

Baca Juga:  Capaian Vaksinasi Booster di Kota Tangerang Terus Digenjot, Cek Jadwalnya Disini

“Ada yang ditugaskan untuk kemantau Arkaan langsung, jadi saya alhamdulillah sekali semua ditangani. Buat saya, kondisi Arkaan sudah sehat dan aktif kembali itu lebih penting,” jelas Widya saat dikunjungi di rumahnya.

Dijelaskan Widya, kondisi kemarin tak hanya kelalaian petugas, sebagai orangtua Ia juga merasa lalai. “Harusnya saya juga mengecek lebih dulu kelayakan obat atau apa pun yang akan dikonsumsi Arkaan. Sehingga kondisi seperti ini tidak terjadi. Saya juga saling meminta maaf dan terimakasih atas penanganannya,” kata Widya.

Sementara itu, Pedurenan, dr Andita menjelaskan kondisi Arkaan sudah dalam kondisi sehat pada ini. Suhu tubuh juga sudah dalam kondisi normal, atau sudah tidak panas lagi.

“Kemarin hari pertama, Arkaan memang masih panas, tapi sudah diminumin obat dan dipantau setiap jamnya. Alhamdulillah sudah sehat dan aktif, namun kondisi ibunya sedikit , yang biasanya dialami ibu muda pada anak pertama. Jadi, dalam kondisi ini ibu dan anak dalam pantauan Puskesmas,” dr Andita.

Baca Juga:  Sidiq Nulhaq Nakhodai F-TBM Lebak Masa Bakti 2022-2027

Lanjutnya, pantauan Puskesmas masih akan terus berlanjut, untuk melihat perkembangan Arkaan hingga semua dipastikan dalam kondisi sehat. Disamping kondisi ini, diakui dr Andita pantauan anak pasca imunisasi memang juga dilakukan puskesmas secara intens kepada seluruh anak yang dilayani.

“Atas nama seluruh petugas Puskesmas saya meminta maaf atas kelalaian ini. Pastinya, ini menjadi perhatian dan evaluasi besar bagi kami. Jadi jangan takut ke pelayanan puskesmas, dan jangan takut mengikuti BIAN, semua akan dipantau oleh para petugas dengan pelayanan yang lebih maksimal,” katanya.