Beranda News

Limbah di Kali Paninggilan, DLH Kota Tangerang: Statusnya Sementara Aman

Limbah di Kali Paninggilan, DLH kota Tangeran: Statusnya Aman
Limbah di Kali Paninggilan, DLH kota Tangeran Sebut Statusnya Aman. Foto Huda R Alfian

, Pelitabanten.com – Terkait laporan warga tentang adanya limbah busa menyerupai salju di Kali Paninggilan. Dinas () Kota Tangerang gencar lakukan pengecekan ke lokasi. Rabu (21/8/2019) Siang.

Agus Hinra, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (Sekdis DLH) menyampaikan, bahwa pihaknya sudah melakukan pengecekan terkait laporan resah dengan adanya limbah di Kali Paninggilan .

“Terkait asal limbah itu, pihak kami belum menemukan darimana, karena aliran kali tersebut pengalirannya dari 2 wilayah Kota dan Tangsel. Tapi dari aliran yang di wilayah Kota untuk sementara ini masih berstatus aman,” jelas Agus kepada Pelitabanten.com, Rabu (21/8/2019).

Usai dilakukan pengecekan, pihaknya terus berupaya mengambil contoh air untuk diketahui kandungan yang dapat membahayakan kelangsungan makhluk hidup yang ada di sekitar lokasi Kali.

Limbah di Kali Paninggilan, DLH kota Tangeran: Statusnya Aman
Petugas Melakukan Pengecekan Ulang, Pantau Kadar Bahaya Limbah. Foto Huda R Alfian Foto Pelitabanten.com

“Setelah dilakukan pengecekan pada Senin (19/8) , pihak LH sudah melakukan pengecekan tingkat air yang ada di angka 7 dan masih dianggap normal. Dan pada sekarang ini Rabu (21/8) siang, sedang dilakukan pengecekan ulang untuk mengambil sample air dari buih limbah untuk diketahui kadarnya,” tambahnya.

Baca Juga:  Rangkaian HUT ke-28, Kota Tangerang Gelar Konsultasi Bantuan Hukum

Hingga berita ini dilayangkan, petugas dari DLH masih melangsungkan pengambilan air limbah untuk diuji di laboratorium.

Sebelumnya diberitakan Pelitabanten.com, Dikeluh Warga, Limbah Bak Gumpalan Salju Cemari Kali Paninggilan kemarin. Selasa (20/8).

Warga bantaran Kali mengeluhkan adanya limbah yang tiba-tiba muncul dari dasar air hingga menjadi busa tebal menggumpal bagai bak salju di permukaan Kali Paninggilan Ciledug. Pada Selasa (20/8/2019) Pagi kemarin.

Gumpalan busa limbah yang menyerupai awan salju tersebut berasal dari limbah industri domestik yang sudah kerap kali muncul pasca musim kemarau.

Hingga, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang cepat dan tanggap menyikapi limbah yang dikhawatirkan akan berdampak negatif bagi lingkungan dan penduduk yang tinggal di sekitar Kali tersebut.

Namun di lain sisi, Direktur PDAM Tirta Benteng milik pemerintah Kota Tangerang, Sumarya mengatakan beberapa waktu lalu saat bertemu dengan para Warga Negara Asing asal Taiwan yang sedang meriset , mengatakan bahwa saat ini limbah industri domestik yang menjadi kekhawatiran pihak PDAM TB terhadap kesehatan kualitas air di Kota Tangerang.

Baca Juga:  HUT Kota Tangerang 2022, Lomba Masyarakat Peduli Sampah Spesifik