Beranda News

Luar Biasa! Perayaan HUT ke-30 Tahun Kota Tangerang Bikin UMKM Sumringah

Luar Biasa! Perayaan HUT ke-30 Tahun Kota Tangerang Bikin UMKM Sumringah
KONSER: Ribuan Pengunjung Pekan Raya Kota Tangerang Buat Pelaku UMKM Raup Jutaan Rupiah Perhari. Foto Pelitabanten.com (*/Ist)

KOTA TANGERANG, Pelitabanten.com – Meskipun sudah berakhir, Perayaan HUT Kota Tangerang ke-30 masih menjadi topik bahasan, tak terkecuali bagi para Kecil Menengah Mikro (UMKM).

Bukan hanya penampilan dari para bintang tamu yang menghibur masyarakat, namun juga perayaan HUT yang membawa berkah bagi para .

Para pelaku UMKM Kota Tangerang yang berpartisipasi mengaku senang dapat tersenyum bahagia, lantaran produk yang dijajakan laris manis terjual.

Meski pada, diselimuti mendung dan hujan rintik-rintik, namun tak menyurutkan animo masyarakat untuk datang belanja hingga menikmati berbagai yang disuguhkan.

Cakep! Perayaan HUT ke-30 Tahun Kota Tangerang Bikin UMKM Sumringah
Arena Pekan Raya Tangerang di Taman Tematik Puspemkot

Ketua Forum UMKM Kota Tangerang, Dewi Djaelani, mengungkapkan ada 50 stand UMKM dari 13 kecamatan dengan berbagai jenis produk yang ditawarkan di Pekan Raya Kota Tangerang. Kata Dewi, meski diguyur hujan, stand UMKM tetap laris manis terjual, dengan angka pendapatan setiap hari berkisar Rp 2 juta hingga Rp 4 juta.

Baca Juga:  Kapolsek Jatiuwung dan Jajarannya Hadiri Resepsi Pernikahan Putri Pertama Aiptu Puryanto

“Alhamdulillah, UMKM pada sumringah, dagangannya laku terjual, dari pagi silih berganti berdatangan pada beli produk-produk UMKM. Seperti fashion, aksesoris, dan terutama yang paling laris itu beragam kuliner makanan dan minuman,” Dewi.

Hal tersebut turut diamini, Salah satu pelaku UMKM Ciledug, Kartini, yang mengaku berjualan di Stan UMKM Ciledug di hari pertama Pekan Raya Kota Tangerang mendapat penghasilan Rp 1,9 juta.

“Senang banget. Hujan aja laris manis. Apalagi kalau ngak hujan, kayaknya bisa ludes terjual semua produknya. Semoga Stan Ciledug hingga hari terakhir bisa tembus penghasilannya dibelasan juta. Kami senang bisa terlibat dalam kemeriahan HUT kota ini,” ungkapnya.

Cakep! Perayaan HUT ke-30 Tahun Kota Tangerang Bikin UMKM Sumringah
Wali Kota dan Wakil di Stand UMKM

Bahkan berdasarkan data dari selama pelaksanaan Pekan Raya Kota Tangerang yang menjadi puncak HUT Kota ke 30, tercatat untuk rata-rata transaksi harian mencapai Rp 82 Juta.

Baca Juga:  Luar Biasa! Pj Bupati dan Forkopimda Tanam 100 Pohon Serentak di Indonesia

“Untuk acara yang hanya menjual produk makanan dan kerajinan UMKM saya kira transaksinya sudah luar biasa. Bahkan berdasarkan catatan kami dalam satu hari pernah mencatatkan transaksi di angka Rp 115 Juta, ” Terang Kepala Bidang Indag Hesto.

Ditemui terpisah, Asda 3 Wahyudi Iskandar menjelaskan bahwa perayaan HUT Kota Tangerang ini hanya sasaran antara tujuan sebenarnya adalah bagaimana membangkitkan ekonomi masyarakat setelah sempat terpuruk karena pandemi Covid-19.

“Ini sesuai dengan arahan presiden untuk membangkitkan pertumbuhan ekonomi melalui penyelenggaraan even hiburan buat masyarakat,” katanya.

“Kita ingin melalui kegiatan tersebut bisa timbul multiplayer effect tidak hanya pada perayaan HUT-nya saja tapi juga berpengaruh terhadap ekonomi masyarakat. Seperti pelaku UMKM dan pedagang kecil lainnya,” Papar Wahyudi saat ditemui di kawasan Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Jumat (3/3/2023).

Wahyudi juga menegaskan bahwa dampak dari kegiatan-kegiatan yang melibatkan masyarakat tersebut adalah meningkatnya pertumbuhan ekonomi di kota Tangerang.

Baca Juga:  Masyarakat Tangerang Diajak Lebih Banyak Konsumsi Ikan, Ini Alasannya

“Setelah sempat minus di angka -7, 36% tahun 2022 tumbuh menjadi 5,98%, dan itu yang tertinggi laju pertumbuhan ekonominya di Banten,” ungkapnya.

“Belum lagi angka inflasi sebesar 4,56% termasuk yang terendah secara Nasional,” pungkasnya.