Beranda News

Menpar dan Gubernur DKI Hadiri Halal Bihalal IKAWANGI di TMII

Menpar dan Gubernur DKI Hadiri Halal Bihalal IKAWANGI di TMII

TANGERANG, Pelitabanten.com – Halal bihalal Ikatan Keluarga Banyuwangi (Ikawangi) yang diadakan di anjungan Jawa Timur, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Minggu (1/7/2018) sangat meriah.

Acara dihadiri banyak tokoh publik. Selain Menteri Pariwisata Arief Yahya, dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, juga dihadiri oleh Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan, anggota ikawangi se-Jabotabek dan beberapa purnawirawan TNI dan Polri yang kampung kelahirannya di Banyuwangi jawa timur ikut hadir dalam memeriahkan acara Halal Bihalal Ikawangi.

Menteri pariwisata Arief Yahya, juga menyampaikan sambutannya dalam acara tersebut. Beberapa prestasi Banyuwangi di bidang kepariwisataan. Sebagai daerah penyelenggara festival terbaik di Indonesia, ada beberapa event yang tercatat sebagai Top 100 dan Top 10 Nasional.

“International Tour de Ijen Banyuwangi dan Festival Gandrung Sewu menjadi Top 100 Nasional. Bonusnya Rp1 miliar. Lalu, ada Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) sebagai Top 10 Nasional. Bonusnya Rp1,5 miliar dari Kementerian Pariwisata,” terang Arief.

Baca Juga:  Peringati Hardiknas, Benyamin Ingatkan Guru Untuk Terus Berinovasi Dalam Mengajar

Adapun sambutan dari Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan, mengharapkan hubungan masyarakat Jakarta dan Banyuwangi semakin erat dan berkontribusi untuk pembangunan Ibu Kota.

“Jangan sampai menjadi warga yang menutup diri. Tapi, ikut bersosial dengan masyarakat yang lain. Ini akan menjadi modal sosial yang baik. Akan muncul kepercayaan dan gotong royong. Inilah bekal utama untuk memajukan bangsa ini,” katanya.

Anies juga berpesan kepada warga Banyuwangi yang telah lama menetap di Jakarta untuk tidak melupakan kampung halamannya. Acara yang di hadiri 1000 masyarakat Banyuwangi cukup meriah, di samping Halal bihalal dan silahturahmi ini.

Purwanto salah seorang ketua cabang Ikawangi Tangerang juga mengatakan, cukup senang dengan diadakan Halal Bihal IKAWANGI setahun sekali ini di tambah dengan adanya Gebyar Seni Budaya Banyuwangi akan dimeriahkan berbagai kesenian khas Banyuwangi. Seperti Gandrung Banyuwangi, Kuntulan, Barongan, Hadrah, Bazaar Makanan Khas Banyuwangi serta penampilan Artis asli Banyuwangi seperti Fitri Carlina.

Baca Juga:  KPU Kabupaten Tangerang Membatalkan Sekitar 60.000 Pemilih

“Semoga ini bisa mengobati kerinduan para perantau yang belum sempat mudik di Banyuwangi tahun ini,” ujar Purwanto. (ajis)